HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL PBM DAN STM

Galuh Rahayuni

Abstract


Abstract

 

The aims of this research were to find out: (1) correlation between critical thinking skills and science literacy, (2) indentify the instructional model that is better to improve student’s critical thinking skills, and (3) indentify the instructional model that is better to improve student’s science literacy. The research was quasi-experimental research that used randomized pretest-posttest comparison group design. The sampling technique used in this research was cluster random sampling. Data analysis technique used bivariate correlation product moment Pearsons andmultivariate test with significance level of 0.05. The results of this research indicate that: (1) there is a strong correlation between critical thinking skills and science literacy, (2) science technology society instructional model is better than problem-based-learning instructional model to improve student’s critical thinking skills, and (3) science technology society instructional model is better than problem-based-learning instructional model to improve student’s science literacy.

Keywords: Problem-Based-Learning, Science Technology Society, Critical Thinking Skills, Science Literacy

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) korelasi antara keterampilan berpikir kritis dan literasi sains, (2) mengidentifikasi model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan (3) mengidentifikasi model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji bivariat korelasi product moment Pearson dan multivariat dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat korelasi kuat antara keterampilan berpikir kritis dan literasi sains, (2)model STM lebih baik daripada PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan (3) model STM lebih baik dari pada model PBM untuk menigkatkan literasi sains peserta didik.

 

Kata kunci:Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Sains Teknologi  Masyarakat, Keterampilan  Berpikir Kritis, Literasi Sains


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah; Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat; Keterampilan Berpikir Kritis; Literasi Sains

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Akgul, E. M. 2002. Teaching scientific literacy through a science technology and society course: perspective elementary science teacher’s case.The Turkish Online Journal of Education Technology. 3 (4): 1-4.

Budi, T.P. 2006. SPSS 13.0 terapan riset statistik parametrik.Penerbit Andi. Yogyakarta

Chiappetta, E.L., andT. R, Jr. Koballa,. 2010.Science instruction in the middle and secondary schools developing fundamental knowledge and skills. 7thedition.Pearson. USA

Depdiknas. 2011. Panduan pengembangan pembelajaran IPA secara terpadu. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Depdiknas. Jakarta.

Elianur, R. 2011.Indonesia peringkat 10 besar terbawah dari 65 Negara peserta PISA.http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/30/indonesia-peringkat-10-besar-terbawah-dari-65-negara-peserta-pisa-338464.html. Diakses Tanggal 12 November 2013.

Eviani, S. Utami,dan T. Sabri,. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.3 (7): 1-13.

Fathurohman, A., Zulherma, dan F. Kurnia. 2014.Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas IX di Kecamatan Indralayu Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains.Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika.1 (1): 43-47.

Huda, N., Marhaeni, A. A. A. I. N., & Suastra, I. W. 2013. Pengaruh pembelajaran quantum dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan penguasaaan konsep siswa kelas IV SDN Pancor [ Versi electronik]. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1): 1-7.

El Islami, R. A. Z. 2015. Hubungan Literasi Sains dan Kepercayaan Diri Siswa pada Konsep Asam Basa.Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 1 (1): 16-25.

Nur, M. 2011.Model pembelajaran berdasarkan masalah.Pusat Sains Dan Matematika Sekolah UNESA. Surabaya.

Nurchayati, N. 2013.Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap sains siswa SMP.Jurnal Ilmiah PROGESSIF.10 (30): 29-41.

Nurhasanah, S.2010.Pengaruh Pendekatan Reciprocal TeachingTerhadap KemampuanBerpikir Kritis Siswa dalam Belajar Matematika. Skipsi.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Jakarta.

Permanasari,A.2011.Pembelajaran Sains: Wahana Potensial untuk Pembelajaran Soft Kkill dan Karakter.Prosiding pada Seminar Nasional Pendidikan IPA. 26 November 2011, Universitas Lampung. Hal 1-11.

Redhana, I. W. 2012. Model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan socratik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Cakrawala Pendidikan. XXXI(3): 351-365.

Subratha, N. 2004.Efektivitas pembelajaran kontektual dengan pendekatan sains teknologi masyarakat dalam meningkatkan hasil belajar dan literasi sains siswa SLTP negeri 2 Singaraja.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja.XXXVII(4): 45-56.

Sukmadinata, N. S. 2012. Metode penelitian pendidikan.PT. Remaja Rosdakaya. Bandung

Susilo, A.B., Wiyanto, & Supartono. 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP.Unnes Science Education Journal. 1 (1): . 12-20.

Trihendradi. 2013. Langkah-langkah menguasai spss 21. Penerbit Andi.Yogayakarta.

Unver, A. O andS. Arabacioglu,. 2011. Overviews on inquiry based and problem based learning methods. Western Anatolia journal of educational science.Special Issue: Selected papers presented at WCNTSE:303-310.

Utomo, Y. S. 2011.Survei internasional timss.http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/timss.Diakses tanggal 2 Desember 2014.

Zuriyani, E. 2012.Literasi sains dan pendidikan.http://sumsel.kemenag.go.id/file/file/TULISAN/wagj1343099486.Diakses tanggal 3 Desember 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (Journal of Research and Science Learning)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2023 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.