OPTIMASI PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA BARU PADA ERA NORMAL BARU (STUDI KASUS FACEBOOK MARKETING BRAND ZHFRN)

Haekal Fajri Amrullah, Ridho Azlam Ambo Asse, Rahmadya Putra Nugraha

Abstract


Dampak kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Covid 19 berimplikasi pada sektor ekonomi makro dan mikro hingga level UMKM. Salah satu Brand lokal industri rumahan ZHFRN sukses berdiri dan bertahan selama pembatasan sosial tersebut dengan menggunakan facebook marketing. Penelitian bersifat kualitatif dengan metode studi kasus. Bertujuan untuk menganalisa bentuk strategi pemasaran menggunakan facebook selama masa pandemi covid 19. Peneliti melakukan eksplorasi terhadap strategi dan perangkat aktivitas pemasaran menggunakan wawancara mendalam kepada pemilik usaha serta pembuat konten facebook ZHFRN. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemetaan segmentasi berfungsi sebagai pembagi kategori setiap jenis produk sebelum dikampanyekan dengan iklan berbayar facebook pada beberapa indikator kelompok konsumen (facebook ads). Kemampuan Targeting ideal akan dibutuhkan dalam mengoptimasikan himpunan data facebook dengan kategori targeting konten produk yang akan di kampanyekan secara berbayar. Sedangkan aspek Positioning di implementasikan pada pengisian data profil fanpage brand dan bahan pembuatan konten agar representatif dengan positioning brand. Bauran pemasaran Product, Price, Place, dan Promotion (4P) diakomodir oleh facebook dalam implementasinya. UMKM baru yang merintis usaha seperti ZHFRN cukup mengimplementasikan facebook fanpage dengan mengandalkan kampanye iklan berbayar secara tepat sasaran, aktif membuat konten dan merespon pertanyaan konsumen.

Full Text:

PDF (69 - 83)

References


Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar). Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 219-231.

Enjang Pera Irawan. 2015. “Penerapan Peran Public Relations Pada Program Employee Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Karyawan. (Studi Kasus Tentang Penerapan Peran Public Relations Pada Program Employee Relations Oleh Divisi Human Capital Development PT. Kao Indonesia).” 15–26.

Facebook. https://www.facebook.com/ business akses 30 januari 2018

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), 213-222.

Helianthusonfri, Jefferly. (2016). Facebook Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Waseso, Ratih. (2020). Sebanyak 37.000 pelaku UMKM terdampak wabah virus corona. Kontan.co.id : https://nasional.kontan.co.id/news/sebanyak-37000-pelaku-umkm-terdampak-wabah-virus-corona. Akses 11 Desember 2020.

Kasali, Rhenald. (2008). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Muhani, M.,Karyatun,S.,Hardini,R.,&San Sabilah, H. (2020). Strategi Pemasaran Selama Masa Pandemi Covid-19. Universitas Nasional.

Social, W. A. (2020). Hootsuite.(2020). Digital 2020-July Global Statshot report. https://wearesocial. com/blog/2020/07/more-than-half-of-the-people-on- earth- now-usesocial-media.

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta

___. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alpabeta.

TDA Bandung. (2015). Memahami Seluk Beluk Makloon. http://tdabandung.com/memahami-seluk-beluk-makloon.html. akses 20 Maret 2021.

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v12i1.11593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats