ANALISIS SEMIOTIKA COVER STORY KORAN TEMPO EDISI 15 OKTOBER 2020 “JALAN TERUS”

Amalia Farahdiba

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengesahan UU Cipta Kerja yang disahkan pada 5 Oktober 2020 lalu. Pemerintah mendapat sorotan publik atas kebijakan yang diambil dalam melakukan pengesahan terhadap isi UU Cipta Kerja melalui Koran Tempo. Presiden Joko Widodo dinilai tidak peduli dengan suara penolakan undang-undang tersebut, beliau tetap mengesahkan UU Cipta Kerja meskipun mendapat tekanan dan penolakan dari masyarakat. Koran Tempo sendiri merupakan media cetak nasional yang aktif menulis tentang perkembangan isu pengesahan UU Cipta Kerja dan menuangkannya ke dalam salah satu konten medianya yaitu cover story. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna dan pesan yang muncul dalam penggambaran cover story Koran Tempo edisi 15 Oktober 2020 dengan menggunakan analisis semiotika model Pierce. Metode penelitian memakai pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasilnya adalah makna pesan yang ditampilkan Koran Tempo menunjukkan bahwa pemerintah seperti mencoba untuk menutup mata dan telinga terhadap aksi penolakan yang disampaikan masyarakat terhadap pengesahan undang-undang tersebut.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala. (2010). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arief, F. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Alex, S. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Budiman, K. (2011). Semiotika visual: konsep, isu, dan problem ikonisitas. Jalasutra.

Cobley, P., Jansz, L., & Appignanesi, R. (2002). Mengenal Semiotika for Beginners. Mizan.

Gerbner, G. (1967). Mass media and human communication theory. Human communication theory.

Grant, A. E., & Wilkinson, J. (2009). Understanding media convergence: the state of the field. Oxford University Press, USA.

Kusmiati, A., Pudjiastuti, S., & Suptandar, P. (1999). Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of communication theory (Vol. 1). Sage.

Morissan, A. C., & Wardhani, A. (2009). Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Narwaya, S. T. (2013). Kuasa Media Massa dan Problem Identitas. Komunikator, 5(1).

Nurudin. (2013). Komunikasi Massa. Malang: Cespur.

Onong, U. E. (2000). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Onong Uchjana, E. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramli, M. R. (2020). ANALISIS SEMIOTIKA SAMPUL DEPAN MAJALAH TEMPO EDISI 9–15 MARET 2020. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(02).

Salwen, M. B., Garrison, B., & Driscoll, P. D. (2004). Online news and the public. Routledge.

Sobur, A. (2013). Semiotics for Communication. PT Young Rosdakarya, Bandung.

ST TRI, G. N. (2013). Kuasa Media Massa dan Problem Identitas. Komunikator, 5(01).

Sudiana, Y., & Muhazir, A. (2021). Makna Tahun Represi Digital Dalam Cover Koran Tempo Edisi 21 Oktober 2020. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual, cetakan 3. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

Vera, N. (2014). Semiotika dalam riset komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Waluyanto, H. D. (2000). Karikatur sebagai karya komunikasi visual dalam penyampaian kritik sosial. Nirmana, 2(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v12i2.11985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats