EFEKTIVITAS PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DIVERSIFIKASI KONSUMSI PANGAN POKOK (Kasus Akun Instagram @ayuangling)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis terpaan dan daya tarik video diversifikasi konsumsi pangan pokok pada akun Instagram @ayuangling dan pengaruhnya terhadap sikap mengenai diversifikasi konsumsi pangan pokok dengan tingkat pengetahuan diversifikasi konsumsi pangan pokok sebagai variabel intervening. Sumber data diperoleh dari pengisian kuesioner oleh 150 orang responden yang juga merupakan para pengikut (followers) akun Instagram @ayuangling. Sampel ditarik menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan video diversifikasi konsumsi pangan pokok terhadap followers akun Instagram @ayuangling adalah rendah, dan daya tarik video diversifikasi konsumsi pangan pokok menurut followers akun Instagram @ayuangling adalah menarik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terpaan video diversifikasi konsumsi pangan pokok tidak berpengaruh terhadap sikap mengenai diversifikasi konsumsi pangan pokok, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui tingkat pengetahuan diversifikasi konsumsi pangan pokok sebagai variabel intervening, sementara daya tarik video diversifikasi konsumsi pangan pokok tidak berpengaruh secara langsung terhadap sikap mengenai diversifikasi konsumsi pangan pokok, namun berpengaruh secara tidak langsung terhadap sikap mengenai diversifikasi konsumsi pangan pokok melalui tingkat pengetahuan diversifikasi konsumsi pangan pokok sebagai variabel intervening.
Full Text:
PDFReferences
Adriyana, L. & Darumoyo, K. (2018). Persepsi Followers @perpuseru terhadap Akun Instagram PerpuSeru Menggunakan Teori Decoding-Encoding. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Volume 6 No. 2: 197-212.
Aksa, Y. A. D. (2015). Pengaruh Media Internal terhadap Sikap Menerima Informasi Kerja di Kantor Dinas Bea Cukai Rawamangun Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 13 No. 2: 173-182.
Amala, I. A. & Riyantini, R. (2019). Pengaruh Terpaan Pemberitaan Sandiaga Uno di Media Online terhadap Sikap Masyarakat (Survei di Kelurahan Tanah Baru, Depok). Ekspresi & Persepsi Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 1 No. 2: 73-81.
Aprianita, D. & Hidayat, D. (2020). Analisis Pesan Kampanye #Dirumahaja di Tengah Pandemi Covid-19. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, Volume 4 No. 2: 78-96.
Ardie, H. F. & Sunarti, S. (2019). Pengaruh Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Seimbang pada Siswa Kelas V di SDN 016 Samarinda Seberang. Borneo Student Research, Volume 1 No. 1: 284-289.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Siaran Pers: Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta di 2019-Q2 2020. https:/blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/ [Diakses 21 Mei 2021].
Azlina, A., Lestari, M. T., & Ali, D. S. F. (2015). Pengaruh Aktivitas pada Instagram terhadap Sikap Mahasiswi Pengguna Instagram di Bandung (Studi pada Instagram Fashion Blogger Sonia Eryka). e-Proceeding of Management: Volume 2 No. 2: 2229-2236.
Badan Ketahanan Pangan. (2017). Advokasi, Kampanye, Promosi dan Sosialisasi tentang Konsumsi Pangan Lokal kepada Aparat dan Masyarakat. Kementerian Pertanian Republik Indonesia. http://bkp.pertanian.go.id/storage/app/media/uploaded-files/advokasi-kampanye-promosi-dan-sosialisasi-tentang-konsumsi-pangan-lokal-kepada-aparat-dan-masyarakat.docx [Diakses 28 Agustus 2020].
Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial di Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten. (2020). Diversifikasi Pangan. https://disketapang.bantenprov.go.id/Berita/topic/121#:~:text=Diversifikasi%20pangan%20merupakan%20upaya%20untuk,terfokus%20pada%20satu%20jenis%20saja [Diakses 18 November 2020].
Elizabeth, R. (2011). Strategi Pencapaian Diversifikasi dan Kemandirian Pangan: Antara Harapan dan Kenyataan. Iptek Tanaman Pangan, Volume 6 No. 2: 230-242.
Fauziyyah, S. N. & Rina, N. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume III No. I: 13-24.
Ikbal, M. & Ghofur, M. A. (2019). Efektivitas Unggahan Foto di Akun Instagram @indotravellers.co terhadap Minat Berlibur Komunitas Backpacker Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), Volume 8 No. 1: 52-64.
Kusuma, D. F. & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital yang Dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, Volume 3 No. 1: 18-33.
Krisyantono, R. (2010). Teknik Praktik Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan ke-5. Jakarta: Kencana.
Listya, A. (2018). Konsep dan Penggunaan Warna dalam Infografis. Jurnal Desain, Volume 6 No. 1: 10-19.
Ma’ruf, A. R. S. & Putra, D. K. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Personal Branding Joko Widodo pada Pemilih Pemula Pemilu 2019. Jurnal Acta diurnA, Volume 15 No. 2: 1-18.
Mita, M. M. (2019). Dampak Media Sosial pada Penciptaan Pengetahuan, Inovasi dan Kinerja pada UKM di Jabodetabek. [Tesis] Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Monica & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Jurnal Humaniora, Volume 2 No. 2: 1084-1096.
Mufida, L., Sartono, A., & Mufnaetty. (2020). Pengetahuan Gizi Ibu dan Praktik Diversifikasi Makanan Keluarga di Kelurahan Purworejo, Kecamatan Margoyoso, Pati. Jurnal Gizi Unimus Volume 9 No. 2: 180-188.
Nurrahman, R. dan Yuliati. (2019). Efektivitas Media Sosial Instagram @visitbengkulu sebagai Media Promosi Pariwisata Provinsi Bengkulu. Jurnal Kaganga, Volume 3 No. 1: 25-36.
Rikumahu, J. V., Adam, F. P., & Turukay, M. (2013). Tingkat Ketergantungan Masyarakat terhadap Konsumsi Beras di Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan. Volume 1 No. 4: 94-105.
Sayekti, W. D., Lestari, D. A. H., & Ismono, H. (2020). Faktor Determinan Konsumsi Pangan Lokal Rumah Tangga di Provinsi Lampung. Jurnal Pangan, Volume 29 No. 2: 127-140.
Tranggono, D., Nidita, A., & Juwito, P. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun @nacificofficial.id. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 10 No. 2: 141-155.
Ulfa, G. S. & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Instagram “Earth Hour Bogor” sebagai Media Kampanye Lingkungan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, Volume 16 No. 1: 144-157.
Umniyati, N., Hadisiwi, P., & Suminar, J. R. (2017). Pengaruh Terpaan Informasi Riset melalui Website www.ppet.lipi.go.id terhadap Sikap Mahasiswa mengenai Penelitian. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 5 No. 1: 111-120.
We Are Social. (2021). Digital 2021: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia [Diakses 24 April 2021].
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v12i2.12015
Refbacks
- There are currently no refbacks.