ANALISIS RESEPSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA KAMPANYE NEW NORMAL
Abstract
Penurunan penyebaran Virus Covid-19 di bulan Mei 2020 telah memberikan ‘angin segar’ kepada masyarakat untuk memulai aktivitas dengan tatanan hidup baru (new normal). Langkah ini dimulai dengan kunjungan Presiden Jokowi di salah satu mal di Bekasi dan diikuti oleh penyampaikan informasi protokol kesehatan oleh Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19 di salah satu media sosial Youtube “Tips Cegah Corona di Mal Ala Dokter Reisa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan masyarakat atas video tersebut, keputusan yang akan diambil oleh masyarakat setelah menyaksikan video tersebut dan apakah sosok pembicara berpengaruh terhadap penerimaan informasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis resepsi dari 10 orang informan dengan rentang usia produktif 25 – 34 tahun serta mengacu kepada teori pengambilan keputusan George R. Terry dan Brinckloe. Hasil penelitian menunjukkan tidak semua Informan setuju dengan informasi yang disampaikan atau masuk ke kategori Negotiated Reading. 90% mengambil keputusan akan tetap pergi ke mal dengan mematuhi protokol kesehatan berdasarkan Fakta dan Logika atau Rasionalitas. Masyarakat tidak terlalu memperhatikan sosok pemberi informasi namun lebih kepada informasi yang diberikan dan tetap mengikuti instruksi yang diberikan karena alasan kesehatan.
Full Text:
PDFReferences
Athidira, Widya dan Toni Wijaya. (2017). Pengaruh Pesan Iklan LINE Versi Film “Ada Apa Dengan Cinta” Mini Drama Terhadap Penggunaan Fitur Find Alumni Di Kota Bandar Lampung. Jurnal MetaKom Vol. 1 No. 1 Maret 2017 hal 25
Damanik, Florida N. S.. (2012). Menjadi Masyarakat Informasi. JSM STMIK Mikroskil. VOL 13, NO 1, APRIL 2012. ISSN. 1412-0100
Damayanti dan Azwar. (2018). Pengaruh Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto Terhadap Rasa Nasionalisme Remaja Siswa-Siswi SMU Negeri 4 Depok. Jurnal MetaKom Vol.2 No.1 Maret 2018 hal 65
Hall, Stuart., et.al. (2011). Budaya Media Bahasa: Teks Utama Pencanang Cultural Studies 1972- 1979. Yogyakarta: Jalasutra
Hayati, Zahra, Hade Afriansyah, dan Rusdinal (2019). Teori – Teori Pengambilan Keputusan. INA-Rxiv. July 17. doi:10.31227/osf.io/w9kue
Holub, R. C. (2013). Jurgen Habermas: Critic in the Public Sphere. London: Routledge.
Ikbar, Yanuar.(2014). Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: PT. Refika Aditama
Kartajaya, Hermawan. (2003). Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kemp, Simon. (2020, February 18). Digital 2020: Indonesia. Diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
Meilasari, Sri Hesti dan Umaimah Wahid. (2020). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Wardah Cosmetics “Long Lasting Lipstic Feel The Color”. Journal Komunikasi, Vol 11 No.1 Maret 2020. P-ISSN 2086-6178 E-ISSN 2579-3292
McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Salemba Humanika.
Pawaka, Dian dan Wahyuni Choiriyati. (2020). Analisis Resepsi Followers Milenial @indonesiafeminis dalam Memaknai Konten Literasi Feminisme. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume I, No. 1, Juli 2020, hlm 70-86
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v12i2.12112
Refbacks
- There are currently no refbacks.