ANALISIS RESEPSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA KAMPANYE NEW NORMAL

Eravany Noura Widyanggari

Abstract


Penurunan penyebaran Virus Covid-19 di bulan Mei 2020 telah memberikan ‘angin segar’ kepada masyarakat untuk memulai aktivitas dengan tatanan hidup baru (new normal). Langkah ini dimulai dengan kunjungan Presiden Jokowi di salah satu mal di Bekasi dan diikuti oleh penyampaikan informasi protokol kesehatan oleh Tim Komunikasi Gugus Tugas Covid-19 di salah satu media sosial Youtube “Tips Cegah Corona di Mal Ala Dokter Reisa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan masyarakat atas video tersebut, keputusan yang akan diambil oleh masyarakat setelah menyaksikan video tersebut dan apakah sosok pembicara berpengaruh terhadap penerimaan informasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis resepsi dari 10 orang informan dengan rentang usia produktif 25 – 34 tahun serta mengacu kepada teori pengambilan keputusan George R. Terry dan Brinckloe. Hasil penelitian menunjukkan tidak semua Informan setuju dengan informasi yang disampaikan atau masuk ke kategori Negotiated Reading. 90% mengambil keputusan akan tetap pergi ke mal dengan mematuhi protokol kesehatan berdasarkan Fakta dan Logika atau Rasionalitas. Masyarakat tidak terlalu memperhatikan sosok pemberi informasi namun lebih kepada informasi yang diberikan dan tetap mengikuti instruksi yang diberikan karena alasan kesehatan.


Full Text:

PDF

References


Athidira, Widya dan Toni Wijaya. (2017). Pengaruh Pesan Iklan LINE Versi Film “Ada Apa Dengan Cinta” Mini Drama Terhadap Penggunaan Fitur Find Alumni Di Kota Bandar Lampung. Jurnal MetaKom Vol. 1 No. 1 Maret 2017 hal 25

Damanik, Florida N. S.. (2012). Menjadi Masyarakat Informasi. JSM STMIK Mikroskil. VOL 13, NO 1, APRIL 2012. ISSN. 1412-0100

Damayanti dan Azwar. (2018). Pengaruh Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto Terhadap Rasa Nasionalisme Remaja Siswa-Siswi SMU Negeri 4 Depok. Jurnal MetaKom Vol.2 No.1 Maret 2018 hal 65

Hall, Stuart., et.al. (2011). Budaya Media Bahasa: Teks Utama Pencanang Cultural Studies 1972- 1979. Yogyakarta: Jalasutra

Hayati, Zahra, Hade Afriansyah, dan Rusdinal (2019). Teori – Teori Pengambilan Keputusan. INA-Rxiv. July 17. doi:10.31227/osf.io/w9kue

Holub, R. C. (2013). Jurgen Habermas: Critic in the Public Sphere. London: Routledge.

Ikbar, Yanuar.(2014). Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: PT. Refika Aditama

Kartajaya, Hermawan. (2003). Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kemp, Simon. (2020, February 18). Digital 2020: Indonesia. Diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Meilasari, Sri Hesti dan Umaimah Wahid. (2020). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Wardah Cosmetics “Long Lasting Lipstic Feel The Color”. Journal Komunikasi, Vol 11 No.1 Maret 2020. P-ISSN 2086-6178 E-ISSN 2579-3292

McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Salemba Humanika.

Pawaka, Dian dan Wahyuni Choiriyati. (2020). Analisis Resepsi Followers Milenial @indonesiafeminis dalam Memaknai Konten Literasi Feminisme. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume I, No. 1, Juli 2020, hlm 70-86




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v12i2.12112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats