AKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH DALAM DISEMINASI INFORMASI DUKUNGAN UNTUK EKSISTENSI IKON DAERAH
Abstract
Di setiap daerah memiliki ciri khas budaya unggulan yang mayoritas datang dari adat istiadat pendahulu mereka. Dengan keunggulan budaya yang dimiliki tersebut, beberapa daerah menjadikannya sebagai ikon daerah. Reog Ponorogo merupakan bentuk kesenian berupa atraksi menarik yang membawa tuntunan dan untuk mempererat tali silaturahmi masyarakat Ponorogo, Jawa Timur yang saat ini diajukan pada pencatatan Warisan Budaya Takbenda (WBTb) ke ICH-UNESCO. Pihak pemerintah Ponorogo khususnya humas sangat berperan pada agenda penting ini utamanya pada aktivitas publikasi online atau dikenal dengan istilah cyber public relations. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi aktivitas cyber public relations berdasarkan konsep-konsep dalam bidang kehumasan dan bentuk informasi yang disebarluaskan oleh humas pemerintah Ponorogo kepada publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus untuk mencari literatur sesuai topik dan dalam pengumpulan data dengan observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa humas pemerintah Ponorogo telah melakukan aktivitas cyber public relations diantaranya dengan unggahan publikasi melalui media sosial, website, dan email sebagai upaya pengoptimalan diseminasi informasi yang disebarluaskan kepada publik. Terkait bentuk informasi yang disajikan diselaraskan dengan media yang dipergunakan.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, K. Z., & Soegiarto, A. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Publikasi Subbagian Protokol Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Jurnal Riset Komunikasi, 238-252.
Alifha, F., & Hapsari, D. R. (2021). Efektivitas Strategi Cyber Government Public Relations dalam Diseminasi Informasi Kesehatan sebagai Bentuk Komunikasi Krisis (Kasus: Informasi Kesehatan Covid-19 Masyarakat Kabupaten Bogor). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 837-879.
Audry, P. W. (2021). Peran Public Relation Pemerintah Daerah Bali Dalam Meningkatkan Pariwisata Bali. Jurnal Akademis dan Praktisi Pariwisata, 92-99.
Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2017). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Journal of Communication (Nyimak), 197-208.
Cahyani, A. M. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya Dalam Melayani Dan Menggali Potensi Masyarakat Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1-16.
Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo. (2022). Disbudparpora Ponorogo. Retrieved from Disbudparpora Ponorogo: https://disbudparpora.ponorogo.go.id
Fatkhah, U., Winoto, Y., & Siti Khadijah, U. L. (2020). Diseminasi informasi zero waste oleh Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 49-68.
Hidayat, D. (2014). Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Irawan, E. P. (2017). Pemanfaatan Website Pada Aktivitas Cyber PR dalam Mendukung e-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. IPTEK-KOM, 163-177.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia . (2017). Warisan Budaya Tak Benda. Retrieved from Gerakan Literasi Nasional: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/
Maharani, D., & Al Amin, H. F. (2021). Model Komunikasi Pariwisata Kampung Warna Warni Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal Riset Komunikasi , 21-37.
Melita. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Internasional Juanda Surabaya Dalam Menyosialisasikan Terminal Baru (T2). Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2-8.
Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 221-239.
Rodiah, S., Budiono, A., & Rohman, A. S. (2018). Model Diseminasi Informasi Komunikasi Kesehatan Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 175-190.
Solihah, A. W., Musiasa, I. N., & Shihab, M. (42-52). Aktivitas Public Relations Pengelola Situs Pariwisata Tanjung Lesung Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Jurnal Komunikasi Global, 2018.
Yurisma, D. Y., & Bahruddin, M. (2020). Pemaknaan Simbol Reog Ponorogo Dalam Tradisi Jawa: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Magister Ilmu Komunikasi , 101-134.
Yusuf, F. R., & Wijaya, W. V. (2021). Aktivitas Cyber Public Relations Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Dalam Diseminasi Informasi Pariwasata Di Era New Normal. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 113-122.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v13i1.15232
Refbacks
- There are currently no refbacks.