STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EFEKTIF @gotbeef.id MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Ratih Hasanah Sudradjat, Neema Aliifah Azzahra

Abstract


Penelitian ini fokus pada strategi komunikasi pemasaran yang efektif dari Restoran Got Beef melalui media sosial Instagram. Studi ini menganalisis tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dari strategi komunikasi pemasaran. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Got Beef secara strategis menentukan segmentasi pasar berdasarkan faktor geografis, demografis, psikografis, dan cara pembelajaran. Pasar target terdiri dari anak muda dan wanita yang tertarik dengan dunia kuliner, terutama makanan burger. Positioning Got Beef berkaitan dengan tema feminisme, bertujuan untuk membedakan dirinya dari pesaing dan membangun citra merek yang kuat. Dalam hal implementasi, strategi pesan yang digunakan oleh Got Beef bersifat persuasif, menggunakan bahasa informal dan konten visual yang menarik untuk berinteraksi dengan audiens. Sedangkan, Instagram dipilih sebagai media komunikasi utama karena popularitas dan jangkaunya. Tahap evaluasi menilai efek kognitif, afektif, dan konatif pada konsumen dengan mengukur pemahaman, koneksi emosional, dan tindakan yang diambil. Penelitian ini menyarankan peningkatan dalam kejelasan pesan komunikasi, fokus pada fitur reels Instagram, dan perekrutan ahli dalam media sosial atau pemasaran digital. Secara keseluruhan, studi ini memberikan wawasan tentang strategi komunikasi pemasaran yang efektif dari Got Beef dan menyoroti area-area yang perlu ditingkatkan.

Full Text:

PDF

References


Abdurohim, D. (2021). PENGEMBANGAN UMKM Kebijakan, Strategi, Digital Marketing, dan Model Bisnis UMKM (Rachmi, Ed.). PT Refika Aditama.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). APJII di Indonesia Digital Outloook 2022. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857#:~:text=Internet%20Indonesia%20(APJII)%2C%20jumlah,ke%20internet%20pada%20tahun%202021

Aurellia, A. (2022, May 27). Bangga! Bandung Masuk Daftar Kota Kuliner Terbaik di Asia Baca artikel detikjabar, "Bangga! Bandung Masuk Daftar Kota Kuliner Terbaik di Asia. Detikjabar. https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6097849/bangga-bandung-masuk-daftar-kota-kuliner-terbaik-di-asia

Departemen Komunikasi. (2022, May 25). KONSUMENNYA SAJA SUDAH DIGITAL, UMKM-NYA JUGA DONG! Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Konsumennya-Saja-Sudah-Digital-UMKM-nya-Juga-Dong.aspx

Fill, C., & Turnbull, S. (2016). MARKETING COMMUNICATIONS discovery, creation and conversations (Seventh Edition). Pearson Education Limited.

Hadi, A. P., & Suyono, H. (2019). DARI DESA MEMBUKA DUNIA (D. Noviansyah, Ed.). Pusat Data dan Informasi Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Hasan, M., Dzakiyyah, A., Kumalasari, D. A., Safira, N., & Aini, N. (n.d.). Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 17, 2021. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern (Sambilegi Editorial Agency, Ed.). Penerbit Cakra Ilmu.

Manzilati, A. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Paradigma, Metode, dan Aplikasi (Tim UB Press, Ed.). Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 125–136. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Soemanagara, Rd. (2016). Strategic Marketing Communication. ALFABETA.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia Isu-Isu Penting (Y. S, Ed.). Penerbit LP3ES, anggota Ikapi.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Suwito, Ed.). Kencana Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v14i1.20958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats