PENINGKATAN PAGEVIEWS MEDIA SIBER DALAM KAJIAN EKONOMI MEDIA (STUDI KASUS BANTENRAYA.COM)

muhaemin cakimin, Idi Dimyati, Rangga Galura Gumelar

Abstract


Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pendalaman terhadap strategi dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan pageviews pada media siber Bantenraya.com, dengan fokus pada kajian ekonomi media sebagai pisau analisis utama. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan melakukan studi kasus pada BantenRaya.com, sebuah media siber yang beroperasi di wilayah Provinsi Banten. Metode penelitian ini menggunakan Teknik wawancara mendalam dengan pemilik media, editor, jurnalis, dan staf terkait lainnya, serta analisis konten yang diterbitkan oleh BantenRaya.com dengan tujuan mendapatkan informasi yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh Bantenraya.com untuk meningkatkan pageviews sebagai pintu masuk mendapatkan iklan programatik selain iklan langsung. Diantaranya adalah penggunaan judul yang menarik dan konten yang relevan dengan pembaca, pemberdayaan media sosial untuk memperluas jangkauan dan interaksi dengan audiens, dan kolaborasi dengan pihak lain yang berkontribusi pada pengembangan Bantenraya.com. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan pageviews meliputi pemahaman yang baik tentang minat dan kebutuhan pembaca, upaya kontinyu dalam meningkatkan kualitas konten dan pelayanan media, serta fleksibilitas dalam menyesuaikan diri dengan perubahan tren dan teknologi yang berkaitan dengan media siber. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang kajian ekonomi media dalam konteks media siber, dengan fokus pada peningkatan pageviews. Temuan-temuan ini dapat memberikan wawasan berharga bagi media siber lainnya dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan memperkuat ekonomi media mereka. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang ini, serta memberikan sumbangan kepada perkembangan teori dan praktik dalam kajian ekonomi media dan media siber.

Kata Kunci:   Pageviews, Iklan Programatik, Media Siber, Internet, konten, media sosial


References


Juhri, S. (2022). Analisis Pemberitaan Insiden Brigadir I dan Ferdy Sambo. Kompasiana.Com https://www.kompasiana.com/I alalily2690/62f4875108a8b528 04565a44/analisis-pemberitaan- insiden-brigadir-j-ferdy-sambo

Nasrullah, R. (2018). Teori dan riset media siber (cybermedia) Prenada Media

Kun Waziz, Media Maassa dan Kontruksi Realitas (Yogyakarta: Aaditya Media Publishing, 2012),10.

Sudibyo, A. G. (2018). Kajian ekonomi media tentang kebijakan pasar industri buku di indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dengan menggunakan pendekatan industrial organizational model, Inter Komunika, 3(2), 230-238.

Haryanto Gungun, 2008. " Media Komunikasi Politik, Relasi Kuasa Media di Panggung Politik" Yogyakarta: IRCiSoD.

Saptoyo, R. D. A. (2022). Survel Reuters: 68 Persen Masyarakat Indonesia Mengakses Berita dari Medsos. www.Kompas.Com https://www.kompas.com/cekfakta /read/2022/06/17/153126682/sur vei-reuters-68-persen-masyarakat- indonesia-mengakses-berita- dari?page=all

B, Kamaladevi. (2009). Customer Experience Management in Retailing The Romanian Economic Journal.

Alan B. Albarran. 1996. Media Economies, Understanding Markets, Industries, and Concepts. lowa lowa State University Press.

Saptoyo, R. D. A. (2022). Survel Reuters: 68 Persen Masyarakat Indonesia Mengakses Berita dari Medsos. www.Kompas.Com https://www.kompas.com/cekfakta /read/2022/06/17/153126682/sur vei-reuters-68-persen-masyarakat- indonesia-mengakses-berita- dari?page=all

Alan B. Albarran. 1996. Media Economies, Understanding Markets, Industries, and Concepts. lowa lowa State University Press.

Salim, Agus, 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (dari Denzin Guba dan Penerapannya).Yogyakarta:Tiara Wacana




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i1.22147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats