PENINGKATAN PAGEVIEWS MEDIA SIBER DALAM KAJIAN EKONOMI MEDIA (STUDI KASUS BANTENRAYA.COM)
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pendalaman terhadap strategi dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan pageviews pada media siber Bantenraya.com, dengan fokus pada kajian ekonomi media sebagai pisau analisis utama. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan melakukan studi kasus pada BantenRaya.com, sebuah media siber yang beroperasi di wilayah Provinsi Banten. Metode penelitian ini menggunakan Teknik wawancara mendalam dengan pemilik media, editor, jurnalis, dan staf terkait lainnya, serta analisis konten yang diterbitkan oleh BantenRaya.com dengan tujuan mendapatkan informasi yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh Bantenraya.com untuk meningkatkan pageviews sebagai pintu masuk mendapatkan iklan programatik selain iklan langsung. Diantaranya adalah penggunaan judul yang menarik dan konten yang relevan dengan pembaca, pemberdayaan media sosial untuk memperluas jangkauan dan interaksi dengan audiens, dan kolaborasi dengan pihak lain yang berkontribusi pada pengembangan Bantenraya.com. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan pageviews meliputi pemahaman yang baik tentang minat dan kebutuhan pembaca, upaya kontinyu dalam meningkatkan kualitas konten dan pelayanan media, serta fleksibilitas dalam menyesuaikan diri dengan perubahan tren dan teknologi yang berkaitan dengan media siber. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang kajian ekonomi media dalam konteks media siber, dengan fokus pada peningkatan pageviews. Temuan-temuan ini dapat memberikan wawasan berharga bagi media siber lainnya dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan memperkuat ekonomi media mereka. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang ini, serta memberikan sumbangan kepada perkembangan teori dan praktik dalam kajian ekonomi media dan media siber.
Kata Kunci: Pageviews, Iklan Programatik, Media Siber, Internet, konten, media sosial
Full Text:
85-102 PDF (Indonesian)References
Juhri, S. (2022). Analisis Pemberitaan Insiden Brigadir I dan Ferdy Sambo. Kompasiana.Com https://www.kompasiana.com/I alalily2690/62f4875108a8b528 04565a44/analisis-pemberitaan- insiden-brigadir-j-ferdy-sambo
Nasrullah, R. (2018). Teori dan riset media siber (cybermedia) Prenada Media
Kun Waziz, Media Maassa dan Kontruksi Realitas (Yogyakarta: Aaditya Media Publishing, 2012),10.
Sudibyo, A. G. (2018). Kajian ekonomi media tentang kebijakan pasar industri buku di indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dengan menggunakan pendekatan industrial organizational model, Inter Komunika, 3(2), 230-238.
Haryanto Gungun, 2008. " Media Komunikasi Politik, Relasi Kuasa Media di Panggung Politik" Yogyakarta: IRCiSoD.
Saptoyo, R. D. A. (2022). Survel Reuters: 68 Persen Masyarakat Indonesia Mengakses Berita dari Medsos. www.Kompas.Com https://www.kompas.com/cekfakta /read/2022/06/17/153126682/sur vei-reuters-68-persen-masyarakat- indonesia-mengakses-berita- dari?page=all
B, Kamaladevi. (2009). Customer Experience Management in Retailing The Romanian Economic Journal.
Alan B. Albarran. 1996. Media Economies, Understanding Markets, Industries, and Concepts. lowa lowa State University Press.
Saptoyo, R. D. A. (2022). Survel Reuters: 68 Persen Masyarakat Indonesia Mengakses Berita dari Medsos. www.Kompas.Com https://www.kompas.com/cekfakta /read/2022/06/17/153126682/sur vei-reuters-68-persen-masyarakat- indonesia-mengakses-berita- dari?page=all
Alan B. Albarran. 1996. Media Economies, Understanding Markets, Industries, and Concepts. lowa lowa State University Press.
Salim, Agus, 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (dari Denzin Guba dan Penerapannya).Yogyakarta:Tiara Wacana
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i1.22147
Refbacks
- There are currently no refbacks.