PENGARUH KONTEN KREATIF DAN KUALITAS INFORMASI AKUN TIKTOK @PESONAINDONESIA TERHADAP MINAT BERWISATA
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat dan menciptakan media baru dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi. Salah satu bentuk media baru tersebut yaitu media sosial seperti TikTok. TikTok merupakan salah satu media sosial yang paling fenomenal dan banyak digunakan di dunia. TikTok memiliki banyak konten kreatif dan informatif seperti konten pariwisata, kuliner dan lain-lain yang diunggah dan cukup berpengaruh terhadap pola perilaku pengguna. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah konten kreatif dan kualitas informasi akun TikTok @pesonaindonesia berpengaruh terhadap minat berwisata serta seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan teori S-O-R (Stimulus, Organism, Response) yang sesuai dengan fenomena penelitian di mana konten kreatif dan kualitas informasi berperan sebagai stimulus, pengikut dan penonton konten akun TikTok @pesonaindonesia berperan sebagai organism dan minat berwisata berperan sebagai response atau efek yang ditimbulkan serta menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan menggunakan convenience sampling. Peneliti mengumpulkan sampel dengan cara menyebarkan kuesioner melalui googleform kepada pengikut akun TikTok @pesonaindonesia dengan pengukuran variabel menggunakan skala likert lima poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten kreatif dan kualitas informasi akun TikTok @pesonaindonesia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwisata dengan besaran pengaruh tujuh puluh tujuh koma sembilan persen serta teknik analisis data menggunakan program SPSS versi dua puluh enam.
Full Text:
PDFReferences
Arazqi, S. P., & Rochim, M. (2022). Pengaruh Konten Instagram @Thegreatasiaafrica.id terhadap Minat Berkunjung Pengikutnya. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.1540
Cote, J. (2022, September 23). What is New Media? Https://Www.Snhu.Edu/about-Us/Newsroom/Liberal-Arts/What-Is-New-Media.
Effendy. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi: Vol. xvi. PT Citra Aditya Bakti.
Habibah, A. F., & Irwansyah. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350–363. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255
Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing English Title: Improvement of manufactures herbal drinks through making creative content of social media based on e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v3i2.1982
Jogiyanto, H. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Teori, dan Aplikasi Bisnis (3rd ed.). Andi Offset.
Kholik, K. (2021). Peran Media Penyiaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal SOMASI, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.53695/js.v2i1.434
Kotler, Keller, & Chernev. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
McPheat, S. (2011). Developing Internet Management. Ventus Publishing.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (6th ed.). Salemba Humanika. http://difarepositories.uin-suka.ac.id/id/eprint/122
Naeem, M. (2019). Role of social networking platforms as tool for enhancing the service quality and purchase intention of customers in Islamic country. Journal of Islamic Marketing, 10(3). https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2018-0214
Nuzuli, A. K. (2019). Pengaruh Intensitas Membaca Travel.Detik.Com dan Interaksi dengan Kelompok Rujukan terhadap Minat untuk Berwisata. Jurnal Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.389
Pratama, S., & Hermanu, D. H. (2022). Pengaruh Konten Video Youtube Den Dimas terhadap Pembentukan Sikap Sosial Remaja. Jurnal Komunikasi |, VII(2), 34–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33376/ik.v7i2.2069
Puspitawati, L. (2021). Sistem Informasi Akuntansi (Cet.1). Rekayasa Sains.
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). POTENSI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Sanida, D. S., & Prasetyawati, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @infobekasi.coo Terhadap Followers Dalam Mendapatkan Kebutuhan Informasi. Inter Script: Journal of Creative Communication |, 5(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33376/is.v5i1.1911
Sardiman. (2018). Interaksi & motivasi belajar-mengajar (1st, 2nd ed.). Rajawali Pers.
Sarli, Nurhadi, & Sari, S. E. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA SARKASME NETIZEN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2191
Sugeng, B. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif) (1st ed.). Deepublish.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Sunarto, Ed.; Cet.1). Alfabeta,cv.
Sugiyono, & Setiyawati. (2013). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawati, Ed.; Cet.2). Alfabeta.
Suri, M. (2022). The effect of content marketing on social media instagram on the interest of followers visiting the island of bali in the new normal era. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 01(12). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22334/paris.v1i12
Syahreza, K., & Wibisono, N. (2021). Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Destination Image dan Minat Berkunjung Lembang Park & Zoo In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 12. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2944231
We Are Social. (2023, January 26). The Changing World of Digital In 2023. Https://Wearesocial-Com.Translate.Goog/Uk/Blog/2023/01/the-Changing-World-of-Digital-in-2023/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc.
Yoedtadi, M. G. (2020). TV Sosial: Televisi dan Media Sosial. https://www.researchgate.net/publication/342658429
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v14i2.22885