PENGARUH PEMANFAATAN WHATSAPP TERHADAP MINAT PETANI MENGIKUTI ASURANSI PERTANIAN DI LAHAN RAWA PASANG SURUT
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aditya DY, Solihah A, Habibie MT. 2022. The Utilization of Social Media in the Young Farmer Group in Cicarulang Village. REKA ELKOMIKA J. 3(1):38–45. doi:10.26760/rekaelkomika.v3i1.38-45.
Alif M, Septiana N, Bahriyah EN. 2023. Pemanfaatan Media Sosial Bagi Petani di Lahan Rawa Pasang Surut Desa Sungai Kambat. KOMUNIKOLOGI J Ilm Ilmu Komun. 20(01). doi:10.47007/jkomu.v20i01.578.
Alif M, Sumardjo, Sarwoprasodjo S, Fatchiya A. 2022. Behavior Analysis of Farmers in Tidal Swamp Land towards Agricultural Insurance. Univers J Agric Res. 10(6):691–698. doi:10.13189/ujar.2022.100610.
Ambarawati IGAA, Wijaya IMAS, Budiasa IW. 2018. Risk Mitigation for Rice Production Through Agricultural Insurance: Farmer’s Perspectives. J Manaj dan Agribisnis. 15(2):129–135. doi:10.17358/jma.15.2.129.
Ar-Riza, Alkasuma. 2008. Pertanian lahan rawa pasang surut dan strategi pengembangannya dalam era otonomi daerah. J Sumberd Lahan. 2(2):95–104.
BPS Prov Kalimantan Selatan. 2023. Luas Panen dan Produksi Padi di Provinsi Kalimantan Selatan 2022. Kalimantan Selatan.
Hanifah U, Suminah, Permatasari P. 2023. Pemanfaatan Grup Whatsapp Oleh Petani Hidroponik Soloraya ( Kohisora ) Sebagai Media Informasi Pertanian The application of the whatsapp group by farmers of soloraya hydroponics ( kohisora ) as a medium of agricultural information Media sosial digunakan p. J Sos Ekon Pertan. 19(3):231–244. https://www.researchgate.net/publication/374693655_Pemanfaatan_Grup_Whatsapp_Oleh_Petani_Hidroponik_Soloraya_Kohisora_Sebagai_Media_Informasi_Pertanian.
Indonesia APJI. 2023. Survey Penetrasi Internet Indonesia 2023. volume4.
Indraningsih KS. 2018. Strategi Diseminasi Inovasi Pertanian dalam Mendukung Pembangunan Pertanian. Forum Penelit Agro Ekon. 35(2):107. doi:10.21082/fae.v35n2.2017.107-123.
Iskandar D, Isnaeni M. 2019. Penggunaan Internet Di Kalangan Remaja Di Jakarta. Commun J Commun Stud. 6(1):57. doi:10.37535/101006120194.
Iturrioz R. 2009. Agricultural Insurance. Washington, D.C: The International Bank for Reconstruction and Development/The World Bank.
Jin J, Wang W, Wang X. 2016. Farmers’ Risk Preferences and Agricultural Weather Index Insurance Uptake in Rural China. Int J Disaster Risk Sci., voorhande.
Kanjina S. 2021. Farmers’ Use of Social Media and its Implications for Agricultural Extension: Evidence from Thailand. Asian J Agric Rural Dev., voorhande. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:243473939.
Katadata. 2023. Penetrasi Internet Indonesia Peringkat ke-8 di ASEAN, Siapa Teratas? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/06/penetrasi-internet-indonesia-peringkat-ke-8-di-asean-siapa-teratas.
Noor M. 2014. Teknologi pengelolaan air menunjang optimalisasilahan dan intensifikasi pertanian di lahan rawa pasang surut. Pengemb Inov Pertan. 7(2). http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/pip/article/view/2126.
Nugraha AA, Erawan E. 2019. Penggunaan Media Internet Dalam Memenuhi Kebutuhan Kognitif Pada Komunitas Mi Fans Samarinda. eJournal llmu Komun. 7(1):264–278. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2019/02/Jurnal Alvin Genap (02-18-19-03-46-57).pdf.
Nugroho I, Sumekar W, Prayoga K. 2021. Hubungan Frekuensi Penggunaan Whatsapp Terhadap Keberhasilan Pemasaran Kopi di Gapoktan Gunung Kelir Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Agrol J Ilmu-ilmu Pertan., voorhande.
Pasaribu SM, Sudiyanto A. 2016. Agricultural risk management: Lesson learned from the application of rice crop insurance in Indonesia. In: Climate Change Policies and Challenges in Indonesia.
Salma AD, Andini DA, Rahayu AA. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Sosial hatsApp Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Opt J Pendidik Fis. 2(1):22–29. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/polynom.
Saridewi LP. 2022. Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Pembentukan Minat Anak Muda Pada Sektor Pertanian di Dkronik Farm. J Agribus Sci Rural Dev. 2(1):14–19.
Trisnani -. 2017. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v14i2.23440
Refbacks
- There are currently no refbacks.