IMPLEMENTASI FUNGSI KEHUMASAN DALAM DISTRIBUSI INFORMASI PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN YOSOWILANGUN KOTA LUMAJANG

Adela Rahmah Ananta

Abstract


Hubungan Masyarakat (Humas) merupakan sebuah bidang atau proses yang mengelola dan memfasilitasi komunikasi antara suatu entitas (seperti organisasi, pemerintah, atau individu) dengan masyarakat luas. Peran Humas meliputi penyampaian informasi secara jelas dan akurat kepada publik, membangun suatu hubungan baik dan saling menguntungkan antar entitas tersebut dengan masyarakat, serta menjaga dan memperbaiki citra atau persepsi yang dimiliki oleh entitas tersebut di mata masyarakat. Bagian Humas Kecamatan Yosowilangun Kota Jember memfokuskan upayanya pada pelayanan kepada masyarakat sehari-hari. Peran Humas sangat penting dalam memastikan informasi mengenai berbagai layanan publik tersebar efektif kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi strategi dan praktik Humas dalam menyampaikan informasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki fungsi kehumasan dalam menyebarkan dan mendistribusikan informasi mengenai layanan publik di wilayah tersebut, sambil mengevaluasi hubungan yang terjalin antara Humas, masyarakat, dan pemerintah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya implementasi kehumasan berfungsi sebagai komunikator (Communicator) yang efektif, pembangun hubungan (Relationship) yang baik, dan pengelola citra untuk memperkuat interaksi positif antara pemerintah daerah dengan masyarakat di Kecamatan Yosowilangun Kota Jember.


References


Afdhal (2019). Strategi Komunikasi Humas untuk Membangun Citra Positif Dalam Pemerintahan.

Agus, M. (2011). Peran Kecamatan dalam Pembangunan di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.

Amiruddin. (2019) Studi Manajemen Komunikasi Pemerintah: Pendekatan Inklusif dan Kolaboratif dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Deddy Mulyana. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

Dwiyanto, (2017). Teori Manajemen Pelayanan Publik: Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Efendy, (2002). Teori dan Praktek Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

Effendy. (2002). Prinsip Humas Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

F. Rahmadi. (1996). Public Relations dalam Humas Praktik Bisnis Swasta. Surabaya: R. Grafindo Persada.

Keith Butterick. (2012). Pengantar Public Relations: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Kriyantono (2008). Public Relations. Banung: Predina Media Grup.

Lia M. (2020). Sistem Hubungan Masyarakat Dan Pelayanan Publik di Universitas Negeri Surabaya untuk Membangun Citra Universitas.

Rosady Ruslan. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rosady ruslan. (2007). Etika dan Kehumasan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rosady & Ruslan. (2007). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Antar Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yusriadi. (2018). ReformasiDalam Birokrasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i2.27589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats