IMPLEMENTASI FUNGSI KEHUMASAN DALAM DISTRIBUSI INFORMASI PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN YOSOWILANGUN KOTA LUMAJANG
Abstract
Hubungan Masyarakat (Humas) merupakan sebuah bidang atau proses yang mengelola dan memfasilitasi komunikasi antara suatu entitas (seperti organisasi, pemerintah, atau individu) dengan masyarakat luas. Peran Humas meliputi penyampaian informasi secara jelas dan akurat kepada publik, membangun suatu hubungan baik dan saling menguntungkan antar entitas tersebut dengan masyarakat, serta menjaga dan memperbaiki citra atau persepsi yang dimiliki oleh entitas tersebut di mata masyarakat. Bagian Humas Kecamatan Yosowilangun Kota Jember memfokuskan upayanya pada pelayanan kepada masyarakat sehari-hari. Peran Humas sangat penting dalam memastikan informasi mengenai berbagai layanan publik tersebar efektif kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi strategi dan praktik Humas dalam menyampaikan informasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki fungsi kehumasan dalam menyebarkan dan mendistribusikan informasi mengenai layanan publik di wilayah tersebut, sambil mengevaluasi hubungan yang terjalin antara Humas, masyarakat, dan pemerintah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya implementasi kehumasan berfungsi sebagai komunikator (Communicator) yang efektif, pembangun hubungan (Relationship) yang baik, dan pengelola citra untuk memperkuat interaksi positif antara pemerintah daerah dengan masyarakat di Kecamatan Yosowilangun Kota Jember.
Full Text:
47-63 PDF (Indonesian)References
Afdhal (2019). Strategi Komunikasi Humas untuk Membangun Citra Positif Dalam Pemerintahan.
Agus, M. (2011). Peran Kecamatan dalam Pembangunan di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Amiruddin. (2019) Studi Manajemen Komunikasi Pemerintah: Pendekatan Inklusif dan Kolaboratif dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Deddy Mulyana. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.
Dwiyanto, (2017). Teori Manajemen Pelayanan Publik: Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Efendy, (2002). Teori dan Praktek Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.
Effendy. (2002). Prinsip Humas Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.
F. Rahmadi. (1996). Public Relations dalam Humas Praktik Bisnis Swasta. Surabaya: R. Grafindo Persada.
Keith Butterick. (2012). Pengantar Public Relations: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Kriyantono (2008). Public Relations. Banung: Predina Media Grup.
Lia M. (2020). Sistem Hubungan Masyarakat Dan Pelayanan Publik di Universitas Negeri Surabaya untuk Membangun Citra Universitas.
Rosady Ruslan. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rosady ruslan. (2007). Etika dan Kehumasan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rosady & Ruslan. (2007). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Antar Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yusriadi. (2018). ReformasiDalam Birokrasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Deepublish.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i2.27589
Refbacks
- There are currently no refbacks.