WACANA PEREMPUAN DALAM LIRIK LAGU DAN VIDEO KLIP AESPA "GIRLS"
Abstract
Full Text:
124-139 PDF (Indonesian)References
Akmala, N. (2017). Konstruksi Citra Feminisme Beyonce Dalam Lirik Lagu If I Were A Boy, Run The World, Flawless. Jurnal Komunikator , 9(2).
Alam, S., & Nyarimun, A. J. (2017). Musik Kpop Sebagai Alat Diplomasi Dalam Soft Power Korea Selatan. International & Diplimacy, 3(1), 75–99.
Artanti, C., Zulaika. Adristi Yajna, & Rangkuti Rahmadsyah. (2023). Women Empowerment in Little Mix’s “Salute”: Feminist Stylistic Analysis. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(2), 384–400. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/titian.v7i2.29556
Astuti, I. M., & Dewi, P. A. R. (2019). Sensualitas Tubuh Perempuan Dalam Video Musik Korean Girl Group. The Commercium, 2(1).
Azzahra, R. I. (2022, Oktober 3). aespa, Grup Musik Naungan SM Entertainment Populerkan Konsep Futuristik di Dunia K-POP!
Badara, A. (2014). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media (Pertama). Jakarta: Kencana.
Bowenbank, S. (2022). Aespa’s Second Mini Album ‘Girls’ Has Arrived: Stream It Now.
Brooks, A. (2007). Posfeminisme & Cultural Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif (Indonesia). Yogyakarta: Jalasutra.
Buswel, R. E. (2007). Religions of Korea in Practice. Princeton University Press.
Carlsson, S. E. (1999). Audiovisual poetry or Commercial Salad of Images?: Perspective on Music Video Analysis.
Elvin, F. (2022). 5 Hal Menarik dari Comeback AESPA dengan Single ‘Girls.’
Lisdya, S. (2022). “Girls” aespa Jadi Album Girlband K-pop Terlaris Sepanjang Masa.
Masitoh. (2020). Pendekatan Dalam Analisis Wacana Kritis. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.221
McMillan, J. (2022). The Meaning Behind The Song: Girls by aespa (에스파).
Mills, S. (2005). Feminist Stylistics. New York: Routledge.
Moller, D. (2011). Redefining Music Video.
Patria, R., Abdurahman, A., & Nasution, B. (2013). Interpretasi Makna Lirik Lagu-Lagu Grup Musik Erk Dalam Album Erk. Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/814810
Rahardjo, L. A., Yoanita, D., & Wahjudianata, M. (2019). Representasi Posfeminisme dalam Video Musik “Ddu-Du Ddu-Du” milik Blackpink. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Suarabaya, 7(2). https://doi.org/https://doi.org//dx.doi.org/10.10358/jk.v5i2.669
Rasaski, K. C., & Dewi, S. (2023). Kritik Epistemologi Feminis: Upaya De-Westernisasi Ilmu Pengetahuan dalam Perkembangan Konsep Feminisme di Korea Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1923–1935. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1430
Rini, K. P., & Fauziah, N. (2019). Feminisme Dalam Video Klip Blackpink: Analisis Semiotika John Fiske Dalam Video Klip Blackpink DDU-DU DDU-DU. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(2), 317–328. https://doi.org/://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i2.669.g636
Sari, I. C., & Jamaan, A. (2014). Hallyu Sebagai Fenomena Transnasional. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 1(1).
Shofiyya, R. H., & Rusadi, U. (2018). Negosiasi Identitas Perempuan Muslim Dalam Ideologi Agnostisisme Di Majalah-Web Feminis : Analisis Feminist Stylistics Artikel Di Majalah-Web Magdalene.co. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.7454/jki.v7i1.9704
Suwastini, N. K. A. (2013). Perkembangan Feminisme Barat Dari Abad Kedelapan Belas Hingga Postfeminisme: Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora |, 2(1), 2303–2898. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i1.1408
Viqri, M. (2023). Representasi Objektifikasi Tubuh Perempuan Dalam Video Klip (Analisis Semiotika John Fiske Pada Video Klip (G)I-Dle - Nxde, Stellar – Marionette Dan Aoa – Miniskirt. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial , 10(8), 3958–3967. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i8.2023.3958-3967
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i1.29282
Refbacks
- There are currently no refbacks.