Strategi Komunikasi Yayasan An-Nur Haji Supono Bungkanel Purbalingga dalam Mempertahankan Kredibilitas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan Yayasan An-Nur Haji Supono Bungkanel, Purbalingga dalam mempertahankan kredibilitasnya pasca wafatnya K.H. Supono, figur utama yang membangun reputasi yayasan. Penelitian ini menggunakan teori Kredibilitas Sumber (Source Credibility Theory) oleh Hovland, yang melibatkan tiga aspek utama: keahlian (expertise), keterpercayaan (trustworthiness), dan daya tarik (attractiveness). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan An-Nur Haji Supono Bungkanel, Purbalingga berhasil mempertahankan kredibilitasnya dengan berbagai strategi komunikasi, seperti memastikan kompetensi petugas dalam menjalankan tugas rehabilitasi, menjaga keterbukaan dan kejujuran dalam komunikasi dengan keluarga pasien, serta mengutamakan pendekatan spiritual melalui terapi ruqyah, mandi malam, dan pembacaan doa. Pendekatan spiritual ini menjad daya tarik utama yayasan yang membedakannya dari lembaga rehabilitasi lainnya. Penelitian ini sejalan dengan teori Kredibilitas Sumber, yang menekankan pentingnya keahlian, keterpercayaan, dan daya tarik dalam membangun hubungan yang kuat dengan audiens. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan strategi komunikasi organisasi berbasis layanan sosial dan kesehatan mental.
.
Full Text:
160-180 PDF (Indonesian)References
Anggraeni, A. S. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Paduka FM Purwokerto Dalam Menarik Minat Kemitraan. Repository Universitas Amikom Purwokerto, 1–11.
Fachrunnisa, N. (2024). Strategi Pemulihan Citra Tjemara Noodlebar Terhadap Isu Negatif Pelayanan Dan Produk (Di Purwokerto, SEemarang, Solo, Sagan, Prawirotawan, dan Sleman). Repository Universitas Amikom Purwokerto, 1–10.
Islami, D. F. (2018). Analisi Kredibilitas Komunitas Info Cepat Wilayah Ponorogo (ICWP) Dalam Membangun Trust Pada Member Grup. Umpo Repository, 7–37. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Kawengian, K., Mingkid, E., & Pantow, J. T. (2017). Peranan Komunikasi Pemerintah Dalam Pelaksanaan Program Bersih Kampung (Studi Pada Pemerintah Desa Lopana Satu Kecamatan Amurang Timur). Acta Diurna, VI(2), 4. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/16199/15709
Kinasih, E. J. N. (2023). Implementasi Excellence In Public Relations Dan Coordinated Management of Meaning Pda Sosialisasi Empat Pilar Utama Sabar School Banyumas. Repository Universitas Amikom Purwokerto, 27–35.
Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise Di Kedai Digital 8 Solo (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 03(1), 66. https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329
Muwahadah, N. risqi aslichatul. (2021). Strategi komunikasi humas dalam mempertahankan citra pemerintahan kota mojokerto skripsi.
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.
Ona Sutra, E., Asmawi, A., & Sarmiati, S. (2020). Komunikasi Interpersonal Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) (Studi pada PKH di Kabupaten Padang Pariaman). Majalah Ilmiah Tabuah: Ta`limat, Budaya, Agama Dan Humaniora, 24(1), 107–116. https://doi.org/10.37108/tabuah.v24i1.291
Philip Olubunmi Aborisade, A., Ofurum, O., & Ebiwoni Tob, L. (2016). Persuasive Communication Strategies: Pictures, Source Credibility and Fear Appeals. Research Journal of Mass Communication and Information Technology, 2(3), 2545–529. www.iiardpub.orgwww.iiardpub.org
Primasti, G. D. (2021). Pengaruh Kredibilitas Nagita Slavina Dalam Kolaborasi Dengan Bruule Terhadap Keputusan Pembelian.
Purnama, P. D., Bakti, I., & Yustikasari, Y. (2019). Hubungan Antara Kredibilitas Pembicara Kegiatan Sosialisasi Kepemiluan Oleh Kpu Kota Bandung Dengan Sikap Pemilih Disabilitas Terhadap Pilkada Serentak 2018. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 122–134. https://doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i2.2335
Putri, M. K., Elita, R. F. M., & Trulline, P. (2024). Pengaruh Kredibilitas Social Media Influencer Generasi Z Terhadap Minat Beli Kebaya Pada Followers Tiktok @raniaayamin. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 125–133. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i2.925
Putri, S., & Amelia. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif : Komunitas Bikers Subuhan Pangkalpinang dalam Mewujudkan Visi Organisasi. Komunikasia, 2(2), 1–16.
Rizki, I. K. (2024). Strategi Komunikasi Lazizmu Bnayumas Melalui Akun Instagram @lazismubanyumas Dalam Membangun Kesadaran Masyyarakat Myhammadiyah Mengenai Zakat. Repository Universitas Amikom Purwokerto, 11–23.
Salamah, U., & Muhibban, A. (2015). Pengaruh Kredibilitas Komunikator Dalam Sosialisasi P4Gn Terhadap Sikap Anak. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 2, 1–13.
Septiana, N. (2018). Strategi Komunikasi Persuasif Personal Selling Anggota Paytren Dalam Melakukan Network Marketing Di Pekanbaru. 5(1), 14.
Tursi, T., Prijana, P., & Rohman, A. S. (2016). Kredibilitas Tenaga Perpustakaan Sman 1 Sindang Kab. Indramayu. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1), 69. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11078
Von Hohenberg, B. C., & Guess, A. M. (2023). When Do Sources Persuade? the Effect of Source Credibility on Opinion Change. Journal of Experimental Political Science, 10(3), 328–342. https://doi.org/10.1017/XPS.2022.2
Winoto, Y. (2015). The Application of Source Credibility Theory in Studies about Library Services. Edulib, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i2.4393
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk.v1i1.32897
Refbacks
- There are currently no refbacks.