Analisis Peran dan Fungsi Strategis Praktisi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Reputasi Korporasi
Abstract
Praktisi hubungan masyarakat (humas) memegang peranan strategis dalam membangun dan menjaga citra korporasi di tengah dinamika masyarakat modern. Peran ini semakin signifikan seiring dengan meningkatnya kompleksitas tantangan komunikasi, baik pada tingkat lokal maupun global. Sebagai penghubung antara organisasi dan para pemangku kepentingan, praktisi humas bertanggung jawab menciptakan komunikasi yang efektif guna mendukung pencapaian tujuan strategis institusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran dan fungsi praktisi humas di sektor korporasi, dengan menyoroti kontribusi mereka dalam membangun hubungan yang harmonis antara perusahaan dan publiknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan praktisi humas dari berbagai sektor korporasi serta observasi langsung terhadap aktivitas kehumasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktisi humas tidak hanya berperan sebagai pengelola informasi, tetapi juga sebagai mediator yang menjembatani kepentingan perusahaan dengan masyarakat. Fungsi humas mencakup pengelolaan krisis, penguatan citra, dan peningkatan kepercayaan publik terhadap perusahaan. Temuan ini menegaskan pentingnya kompetensi strategis praktisi humas dalam menghadapi dinamika komunikasi yang terus berkembang, khususnya di era digital.
Full Text:
217-233 PDF (Indonesian)References
Braun, V., & Clarke, V. (2024). Thematic analysis. In Encyclopedia of quality of life and well-being research (pp. 7187–7193). Springer.
Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2021). Cutlip and Center’s Effective Public Relations (11th ed.). Pearson.
Donkoh, S., & Mensah, J. (2023). Application of triangulation in qualitative research. Journal of Applied Biotechnology and Bioengineering, 10(1), 6–9.
Fajar Saputra, G. A., Imsa, M. A., Kholik, A., Soegiarto, A., & Fatimah, A. N. (2024). Analisis Management Event Pasca Pandemi Dalam Lazada Seller Conference 2023 Oleh PT Visicita Imaji Semesta. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(2), 185. Retrieved from https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6662
Fatimah, A. N., Kholik, A., Sari, W. P., Alfat, R. R., & Sitorus, P. Y. (2023). Peran dan Fungsi Praktisi Hubungan Masyarakat di Organisasi Nirlaba. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 1508–1527.
Fatimah, A. N., Sari, W. P., & Kholik, A. (2024). Public Relations Roles and Functions in Government, Corporate, and Civil Society Organizations. In AI in Business: Opportunities and Limitations: Volume 2 (pp. 505–516). Springer.
Grunig, J. E. (Ed. ). (1992). Excellence in Public Relations and Communication Management . (J.E. Grunig,Ed.) (1st ed.). New York: Routledge.
Grunig, L. A. (2013). How public relations/communication departments should adapt to the structure and environment of an organization… and what they actually do. In Excellence in public relations and communication management (pp. 467–481). Routledge.
Grunig, L. A. (2020). Power in the public relations department. In Public relations research annual (pp. 115–156). Routledge.
Hasbiyallah, H., Hidayah, K. N., Dzakiya, M. G., Sidiq, M. B. A., & Nur, M. R. (2023). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 131–146.
Hunziker, S., & Blankenagel, M. (2024). Multiple Case Research Design. In Research Design in Business and Management (pp. 171–186). Wiesbaden: Springer Fachmedien Wiesbaden. Retrieved from https://doi.org/10.1007/978-3-658-42739-9_9
Karatsareas, P. (2022). Semi-structured interviews. Research Methods in Language Attitudes, 99–113.
Kostere, S., & Kostere, K. (2021). The Generic Qualitative Approach to a Dissertation in the Social Sciences. London: Routledge. Retrieved from https://doi.org/10.4324/9781003195689
Ndraha, A. B., Waruwu, E., Zebua, D., & Zega, A. (2024). Kebijakan Kelembagaan Kehumasan Dan Jurnalistik Untuk Meningkatkan Transparansi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemerintahan. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan Dan Teknik, 1(2), 23–31. Retrieved from https://doi.org/10.70134/identik.v1i2.37
Nurdianti, N., Anggraini, N. P., & Awaliah, D. W. (2023). Membangun reputasi Burger King di tengah krisis: Peran public relations dalam menghadapi kontroversi publik. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(2), 382–390.
Pranabella, P. G., & Puspasari, D. (2021). Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Syntax Transformation, 2(08), 1160–1178. Retrieved from https://doi.org/10.46799/jst.v2i8.348
Silverman, D. A., & Smith, R. D. (2024). Strategic planning for public relations. Routledge.
Tosno, N. S. H., Hadawiah, H., & Majid, A. (2022). Corporate Public Relations In Maintaining The Image Of Telkom’s Indihome Products In Witel Makassar. RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 189–204. Retrieved from https://doi.org/10.33096/respon.v3i1.111
Tyasari, A. A., & Ruliana, P. (2021). Model Komunikasi Coorporate dalam Membangun Citra Perusahaan. CARAKA : Indonesia Journal of Communication, 2(1), 27–42. Retrieved from https://doi.org/10.25008/caraka.v2i1.54
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk.v1i1.33046
Refbacks
- There are currently no refbacks.