KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM TAYANGAN BERITA OLAHRAGA

Yuda Wiranata

Abstract


Kehadiran Sport7 sebagai tayangan olahraga yang tayang setiap hari menjadi stereotype dari program-program sejenis di media televise yang berbeda. Perempuan dengan paras cantik lah yang dipilih untuk menjadi presenter pada setiap program Sport7. Tayangan berita olahraga juga tak luput dari komodifikasi perempuan dimana presenter tayangan tersebut merupakan perempuan yang cantik dan menjadi nilai jual tersendiri bagi industry media. Penelitian dengan judul Komodifikasi tubuh perempuan dalam tayangan olahraga ini menggunakan teori ekonomi politik media Vincent Mosco sebagai teori utamanya. Teori ini digunakan untuk melihat bagaimana komodifikasi terbentuk dalam proses produksi, distribusi dan juga konsumsi. Dengan menggunakan paradigm kritis dan pendekatan kualitatif menunjukan hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah komodifikasi terbentuk pada proses produksi dengan mengutamakan kecantikan bentuk fisik dari presenter daripada kecerdasan dan juga pengalamannya di bidang jurnalis atau olahraga. Pada proses distribusi komodifikasi terbentuk ketika pemilihan jam tayang yang sengaja ditayangkan di tengah malam dengan segmentasi pria dewasa muda dan pada proses konsumsi komodifikasi terbentuk saat masyarakat sengaja dipromosikan sisi kecantikan fisik sehingga menjadi hal yang umum bagi masyarakat jika tayangan Sport 7 presenternya cantik secara fisik dan juga enak dipandang.

Kata kunci : komodifikasi, tayangan, olahraga, ekonomi politik media, Sport 7

Full Text:

PDF

References


Burton, Graeme. 2011. Membincangkan televisi: sebuah pengantar kajian televisi. Yogyakarta: Jalasutra

Eriyanto, 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS

Fandy Hutari “kala Televisi dikuasai rating dan penguasa” dalam : http://remotivi.or.id/kupas/kala-televisi-dikuasai-rating-dan-penguasa

Ibrahim, Marwah Daud. 2004. “Citra Perempuan dalam Media: Seksploitasi dan

Sensasi Sadistik”, dalam Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia, Editor Idi Subandy Ibrahim. Yogyakarta: Jalasutra.

Jackson, Stevy dan Jackie Jones. 2009. Pengantar Teori Feminis Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra

Littlejohn, Stephen W. dan Foss, Karen A. 2011, Teori Komunikasi, Edisi 9, Penerjemah Mohammad Yusuf Hamdan. Jakarta: Salemba Humanika.

McQuail, Dennis. 2012. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6, Penerjemah Putri Iva Izzati. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Communication, 2nd ed. London: SAGE Publications.

Murdock, Graham dan Golding, Peter. 2005, “Culture, Communications and Political Economy”. Dalam James Curran dan Michael Gurevitch, ed. Mass Media and Society. London:Bloomsbury Academic.

Nursih, Isti, 2014. Komunikasi Massa. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nugroho, Putri, dan Laksmi. 2012. Memetakan lansekap media kontemporer di Indonesia. Jakarta: Center for Innovation Policy and Governance.

Nurvina Aliva “eksploitasi tubuh perempuan dalam tayangan televisi” dalam :https://www.jurnalperempuan.org/eksploitasi-perempuan-di-televisi-indonesia.html

Synnott, Anthony. 2007. Tubuh Sosial: Simbolisme, diri dan Masyarakat. Yogyakarta: Jalasutra

Dra. Sarah Santi “perempuan dalam iklan : otonomi atas tubuh atau komoditi ?” dalam :http://www.esaunggul.ac.id/article/perempuan-dalam-iklan-otonomi-atas-tubuh-atau-komoditi/

Tomagola, Thamrin Amal. 1998. “Citra Wanita Dalam Iklan Majalah Wanita di Indonesia” dalam Wanita dan Media : Konstruksi Ideologi Gender Dalam Ruang Publik Orde Baru, Editor Idi Subandy Ibrahim. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tebba, Sudirman. 2005. Jurnalistik Baru. Jakarta: Kalam Indonesia

Williams, Raymond, 2009. Televisi, Yogyakarta: Resistbook

________, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1989.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v10i1.6018


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JRK, Jurnal Riset Komunikasi is published by Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330, Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id |

 Click to access: Jurnal Riset Komunikasi  

JRK has been indexed at: Google Scholar 

View Stat.