PERILAKU KONSUMSI MEDIA OLEH CALON PEMILIH PEMULA PADA MASA SOSIALISASI BAKAL CALON KEPALA DAERAH PROVINSI BANTEN 2017

Darwis Sagita, Andin Nesia

Abstract


Kegiatan bermedia pemilih pemula menjadi menarik untuk diperhatikan dalam konteks politik. Ketika pemilih pemula yang biasanya berada pada usia remaja juga memiliki hak politik dalam kegiatan politik tertentu, seperti Pemilihan Umum (Pemilu). Kegiatan remaja dengan media ketika memasuki momen politik menjadi menarik untuk dicermati. Sementara itu, sumber yang mungkin dijadikan rujukan oleh remaja adalah media massa. Sebagai salah satu pilar demokrasi sejak awal telah menempatkan diri sebagai ruang publik. Media seolah menjadi kawan dekat bagi masyarakat, kemudian ditambah lagi dengan munculnya salah satu hasil pengembangan teknologi yaituinternet. Internet sendiri kemudian menjelma menjadi media yang digunakan oleh masyarakatuntuk mendapatkan informasi. Dengan keberagaman media tersebut menjadi menarik bagi peneliti untuk menganalisis tentang perilaku konsumsi media oleh calon pemilih pemula pada masa sosialisasi bakal calon kepala daerah, yang mana pada penelitian ini adalah pemilihan Kepada Daerah Provinsi Banten. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang utama melalui Focus Group Discussion (FGD). Adapun teori yang digunakan adalah teori Atribusi, untuk memberikan gambaran yang menarik mengenai tingkah laku terkait perilaku konsumsi media.

Kata Kunci: Perilaku konsumsi media, calon pemilih pemula, masa sosialisasi.

Full Text:

PDF

References


Dominick, R Joseph. 2001.TheDynamics of MassCommunication.London: McGraw-Hill Companies.

Kriyantono, S.Sos,M.Si,Rachmat.2006. Teknik Praktik Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Media.

McQuail, Denis, 2011, Teori Komunikasi Massa (McQuail‘s Mass Communication Theory) Edisi6 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika

Morissan, 2013 Teori Komunikasi Massa Komunikator, Pesan, Percakapan, dan Hubungan (Interpersonal), Bogor: GhaliaIndonesia.

Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, R. T. 2008.Human Development (Psikologi Perkembangan) Bagian V s/d IX. Jakarta: Kencana.

Severin, Werner Jdan James W. Tankard. 2005.Teori Komunikasi.Jakarta: Kencana.

Jurnal:

Jurnal Reni Nureni, dkk Jurnal Sosioteknologi Edisi 30 Tahun 12, Desember 2013 hal 465.

Santi Indra Astuti & Zulfebriges, Perilaku Remaja Digital di Media Sosial: Gaya, Gaul, Tapi Galau, Prociding Call For Paper ―The1stIndonesia Media Research and Summit2014.

Sumber Online:

http://teknohikmah.blogspot.com/2008/04/data-blogger-dan-pengguna-friendster.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v8i2.6022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats