Abstract
PT Perusahaan Listrik Negara merupakan salah satu perusahaan BUMN berada di Indonesia yang bergerak dibidang ketenagalistrikan, dan bergerak dalam sektor pembangkitan, transmisi, dan distribusi tenaga listrik di Indonesia. Banyaknya pelanggan PLN yang tersebar di seluruh Indonesia maka menimbulkan beberapa masalah untuk PLN berkaitan dengan pelayanan, pemadaman, dan biaya listrik. Untuk mengatasi persoalan tersebut PLN membuka layanan call center 123, i-sms, dan melalui aplikasi mobile PLN yang bisa diunduh oleh masyarakat, selain itu peran PR juga dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan melalui kerjasama dengan media massa dalam membantu memberikan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat. Media massa merupakan mitra perusahaan yang memiliki peran penting dan harus dibina hubungannya melalui kegiatan media relations salah satunya media visit. Media visit adalah kunjungan perusahaan kekantor media dalam upaya untuk membina hubungan baik antara perusahaan dan pihak pers. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori stakeholders dan Image restorations. Hasil dari penelitian ini adalah humas PT PLN (Persero) telah melaksanakan kegiatan media visit dengan baik dan sesuai dengan tujuan perusahaan yaitu untuk membina hubungan baik agar hubungan yan telah dijalin tetap harmonis dengan rekan pers dan juga untuk mencapai tujuan perusahaan PT PLN (Persero) Distribusi Banten dalam rangka perbaikan citra perusahaan.
Kata Kunci : PT PLN (Persero) Distribusi Banten, Media Visit, Hubungan Baik, Pers.
References
Company Profile PT PLN (Persero) Distribusi Banten. 2017.
Iriantara, Yosal. 2008. Media Relations :Konsep, Pendekatan, danPraktik. Bandung: SimbiosaRekatama Media.
Kryiyantono. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat & Local Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.
Moleong, Lexy J.2007. MetodePenelitianKualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2006. Metode Peneltian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumber Online:
http://ylki.or.id/2016/06/konsumen-dan-keberanian diakses pada tanggal 17 April 2017
http://www.pln.co.id/2017/profil perusahaan diakses pada tanggal 16 April 2017
http://ekbis.sindonews.com diakses pada tanggal 16 April 2017
http://repository.untirta.ac.id diakses pada tanggal 10 April 2017