KOMPARASI MEDIA PERFORMANCE DALAM PEMBERITAAN PASCA REUNI 212

winda hardyanti

Abstract


Media bisa melakukan dua strategi dalam agenda setting. Yaitu melakukan framing atau melakukan black out. Operasi black out media melibatkan scenario tertentu untuk ‘menenggelamkan’ berita tertentu. Namun berdasarkan kaidah jurnalistik, pemberitaan harus tetap diberitakan dengan cara-cara profesionalisme. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti isi media pasca Reuni 212. Peneliti menganalisis dengan pendekatan ilmiah sesuai kajian content analysis dalam ilmu komunikasi, seperti apa media cetak dan media online (portal berita online) arus utama mengkonstruksikan beritanya dalam konteks pasca kejadianReuni 212. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa jika detik.com dan okezone.com dalam menyajikan pemberitaan belum bisa menjalankan profesionalisme sebagai jurnalis karena masih ditemui unsur berita yang tidak lengkap. Detik.com dan okezone.com dalam menyajikan pemberitaan masih memihak dan belum bisa bersikap netral. Fenomena Talking Journalism dan fenomena Pseudo-Journalism dalam pemberitaan di portal berita online ditemukan dalam penelitian ini. Jurnalisme semu atau dikenal sebagai pseudo journalism memanfaatkan sumber berita dari satu sisi saja dan tidak cover both sides, padahal kaidah jurnalistik memastikan bahwa berita itu kredibel jika memiliki minimal dua narasumber.
Kata kunci: media performance, analisis isi, media online

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriyani, F. (n.d.). Dampak Reuni 212: Anies Sebut Berkah untuk Ekonomi Rakyat Kecil, Sandi: Pemesanan Hotel Meningkat - Tribunnews.com. Retrieved March 11, 2019, from http://www.tribunnews.com/section/2018/12/03/dampak-reuni-212-anies-sebut-berkah-untuk-ekonomi-rakyat-kecil-sandi-pemesanan-hotel-meningkat

Arief, H. (n.d.). Aksi Bunuh Diri Massal Pers Indonesia (II). Retrieved March 11, 2019, from https://kumparan.com/hersubeno-arief/aksi-bunuh-diri-massal-pers-indonesia-ii-1543836710540308269

Dominick, R. D. W. dan J. R. (2000). Mass Media Research An Introduction (6th ed.). Belmont: Wadsworth Publishing Company.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ghimire, B. (2006). Technology and Pseudo-Journalism - OhmyNews International. Retrieved December 6, 2019, from http://english.ohmynews.com/articleview/article_view.asp?at_code=366611&no=308711&rel_no=4

Harsono, A. (2010). Agama Saya adalah Jurnalisme. Yogyakarta: Kanisius.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Quail, D. M. (1992). Media Performance Mass Communicaton and Public Interest. New York: SAGE Publication.

Suprobo, T., Siahainenia, R., & Sari, dan D. K. (2016). ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE DALAM PEMBERITAAN PROFIL DAN KEBIJAKAN MENTERI SUSI PUDJIASTUTI (Studi Pada Situs Berita Detik.com, Kompas.com dan Antaranews.com periode Oktober - Desember 2014) | Cakrawala. Cakrawala, 1. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/499

Teori Komunikasi Massa McQuail - Konsep - Karakteristik - PakarKomunikasi.com. (n.d.). Retrieved March 13, 2019, from https://pakarkomunikasi.com/teori-komunikasi-massa-mcquail




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v10i2.6921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats