PERSONAL BRANDING POLITISI GENERASI MILLENNIALS STUDI DESKRIPTIF PERSONAL BRANDING FALDO MALDINI SEBAGAI POLITISI GENERASI MILLENNIALS

Dinda Afifah Khoerrunnisa, Diah Fatma Sjoraida, Centurion Chandratama Priyatna

Abstract


Generasi millennials mulai terjun ke dunia politik dan memerlukan brand-nya masing-masing. Faldo Maldini merupakan salah satu politisi millennials yang masuk kedalam sepuluh politisi dengan brand otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran personal branding Faldo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa standar yang diterapkan Faldo dalam membentuk personal branding-nya terbagi menjadi dua yaitu standar teknis dan standar praktis. Standar teknis digunakan dalam mengelola akun sosial media dengan foto berkualitas dan juga selalu berusaha membalas komentar. Selanjutnya standar konten yang berkonsep berdasarkan data dan fakta, cara penyampaian yang bagus dan menambah wawasan setiap harinya. Standar praktis yang dilakukan adalah berinteraksi dengan masyarakat dengan berupaya tidak membangun benteng pembeda antara dirinya dengan masyarakat dan tidak menjadikan lawan politiknya menjadi musuh. Gaya yang dimiliki Faldo Maldini dalam personal branding-nya terbagi menjadi dua yaitu kepribadian dan penampilan. Penampilan Faldo Maldini dalam berpakaian yang santai dan tidak kaku serta sederhana. Adapun ciri khas Faldo yang mengkhususkan kompetensi yang dimilikinya yaitu cara ia berdialek, sikap kritis dan oposan. Hal yang menjadikannya berbeda yaitu berpegang teguh pada ideology dan juga sikap kedewasaan dalam berpolitik. Sedangkan kepribadiannya adalah ramah, bersinergi, orisinil dan sikap konfrontasi.

Kata-kata Kunci: Personal Branding; Politisi; Generasi Milenial; Faldo Maldini

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Badan Pusat Statistik. 2013. Proyeksi Penduduk Indonesia 2001-2035. Katalog BPS: 2101018. Diunduh pada tanggal 5 November 2018. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=MDUzZDI1YmVkMmU0ZDYyYWFiMzM0NmVj&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTMvMTAvMDcvMDUzZDI1YmVkMmU0ZDYyYWFiMzM0NmVjL3Byb3lla3NpLXBlbmR1ZHVrLWluZG9uZXNpYS0yMDEwLTIwMzUuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAxOS0wMi0xNCAxNDoyODozOQ%3D%3D

Budiharsono, Sayuti S. 2003. Politik Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

D38. 2018. Politik Kampus Ala Zulkifli, Bolehkah? Diunduh pada tanggal 10 Maret 2018. https://pinterpolitik.com/politik-kampus-ala-zulkifli-bolehkah/

Deckers, Erick. 2012. Branding Yourself: How to Use Social Media to Invent or Reinvent Yourself. Indianapolis: Que Publishing

Fry, Richard, 2018. Milenials Approach Baby Boomers as America’s Largest Generation in the Electorate. Diunduh tanggal 5 November 2018. http://www.pewresearch.org/fact-tank/2018/03/01/milenials-overtakebaby-boomers/

Gani, Prita Kemal. 2013. Lobbying. Diunduh pada tanggal 10 Maret 2018. http://www.lspr.edu/pritakemalgani/lobbying/

Garnesia, Irma. 2018. Sana-sini Ngaku Milenial, Bagaimana Peta Milenial Indonesia? Diunduh tanggal 5 November 2018. https://tirto.id/sana-siningaku-milenial-bagaimana-peta-milenial-indonesia-cX5W

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: PT Gramedaia Pustaka Utama

Horovitz, Bruce. 2012. After Gen X, Milenials, what should next generation be?.Diunduh tanggal 5 November 2018. http://usatoday30.usatoday.com/money/advertising/story/2012-05-03/naming-the next-generation/54737518/1

Kilber, J., Barclay, A., dan Ohmer, D. 2014. Seven Tips for Managing Generation Y. Journal of Manag

Komisi Pemilihan Umum. Diunduh pada tanggal 10 November 2018. https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dpt/1/nasional

M Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Malau, Srihandriatmo. 2018. Masuk 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik, Bambang Soesatyo Mengaku Tidak Pencitraan. Diunduh tanggal 10 Januari 2019. https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/masuk-10-tokoh-politik dengan-branding-otentik-bambang-soesatyo-mengaku-tidak-pencitraan/arBBReXF5

McNallly, David dan Speak, Karl D. 2004. Be Your Own Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Moleong, L.J.. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustamu, Ronny H. 2012. Menjadi Pembicara Publik Andal: Fenomena Public Speaker Antara Kebutuhan dan Tren. Jurnal Komunikasi Islam. Vol 2. No.2.

Panjaitan, Poppy., Prasetya, Arik. 2017. Pengaruh Social Media Terhadap Produktivitas Kerja Generasi Milenial. Universitas Brawijaya Malang.

Pasha, Zahlul. 2018. Politik Kaum Muda dalam Gurita Oligarki. Diunduh pada tanggal 10 November 2018. http://aceh.tribunnews.com/2018/10/29/politikkaum-muda-dalam-gurita-oligarki.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.

Rahayu, Eva Martha. 2017. Memahami Generasi Langgas (Millennials). Diunduh pada tanggal 30 Januari 2019. https://swa.co.id/swa/trends/memahamigenerasi-langgas-millennials

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rampersad, Hubert K. 2009. Authentic Personal Branding. North Carolina: Age Publishing

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Schawbel, D. 2015. Me 2.0: 4 Steps to Building Your Future. New York: Diversion Books.

Schiffman, Lean, Leslie Lazar Kanuk.2007. Consumer Behavior. Seventh Edition. New jersey: Patience Hall International, Inc.

Strauss, William; Howe, Neil. 2000. Milenials Rising: The Next Great Generation. Cartoons by R.J. Matson. New York, NY: Vintage Original. hlm. 370. Diakses tanggal 10 November 2018.

Suciati, Endah. 2018. Membangun Karakter Generasi Milenial. Diunduh pada tanggal 30 Januari 2019. http://www.tribunnews.com/tribunners/2018/11/14/membangun-karaktergenerasi-milenial.

Sudiyono, Armand. 2010. PENETAPAN HARGA SEORANG POLITISI: Suatu Kajian Teoritis. Universitas Muhammadiyah Malang. Diunduh pada tanggal 9 November 2018. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/salam/article/viewFile/464/471

Sugiyono A. 2012. Memahami Peneltian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono B. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v10i2.7260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats