PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL ANIMASI PADA HASIL PENELITIAN KETAHANAN PANGAN

Rangga Galura Gumelar, Iman Mukhroman, Syihabudin Syihabudin

Abstract


ABSTRAK
Tantangan pada era disruptif 4.0, dosen harus dapat memanfaatkan saluran informasi yang beragam saat ini. Artinya dosen sebagai pengajar, dituntut untuk dapat menjelaskan bidang ilmu yang diajarnya sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukannya. Untirta dalam kurun waktu tiga tahun terakhir telah banyak melakukan penelitian-penelitian yang terkait dengan ketahanan pangan lokal yang ada di Provinsi Banten saat ini, khususnya terkait pangan lokal diantaranya Bandeng, Jagung dan Aren. Untuk kemudian dapat menjelaskan dan menyebarluaskan informasi terhadap hasil penelitian tersebut, maka dikembangkan konsep pengembangan media pembelajaran melalui audio visual animasi berdasarkan pada hasil riset ketahanan pangan yang telah dilakukan. Hasil dari audio visual animasi ini kemudian diuji pada 60 mahasiswa Untirta yang dilakukan secara random dengan menggunakan penyebaran kuisoner dengan pengujian t-test. Hasil dari pengujian yang dilakukan didapatkan bahwa pengembangan media pembelajaran ini memberikan pengaruh pada kognitif mahasiswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual Animasi, Untirta

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Achsan. Standar Penyusunan Program. Jakarta : Rineka. 2010

Amir Fatah & Agus Purwanto. Digital Multimedia ; Animasi, Sound, Editing & Video Editing. Yogyakarta : CV. Andi Offset. 2008

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2002

A. Zeisser, Transmedia Marketing: From Film and TV to Games and Digital Media. New York: CRC Press, 2015.

Balnaves, Donald, Shoesmith. Media Theories & Approaches A Global 2009 Perspective. UK : Palgrave Macmillan.

C. Jones, “Anything but Neutral: Using Color to Create Emotional Image, ”photography.tutsplus.com. Online. Available: https://photography.tutsplus.com/tutorials/anything-but-neutral-usingcolor-to-create-emotional-images--cms-23214. 2015

C. Q. Pham, Tourism Promotion Video Production Quality Management and Acceptance Study. Tourism Promotion 2, 2013.

Effendy, Onong. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2007.

K. Lancaster, DSLR Cinema: Crafting the Film Look with Large Sensor Video. Focal Press, 2013

McQuail, Dennis. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar, Jakarta : PT. Erlangga. 2002.

S. E. Sanyoto, Metode Perancangan Komunikasi Visual. Yogyakarta: Dimensi Press, 2006. [6] M. W. Weynand, How Video Works. USA: Focal Press, 2007. [7] Widagdo, “Desain, Teori, dan Praktek,” Seni J. Pengetah. dan Pencipta. Seni BP ISI, vol. 3, no. 3, 2008.

Sungkono. Pengembangan. Media Slide Suara. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. 2003

Suyanto. Multimedia : Alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta : Andi Offset. 2003

Wiryawan, Mendiola Wiryawan. Kamus Brand A-Z. Jakarta: Red & White Publishing. 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v11i1.8161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JRK, Jurnal Riset Komunikasi is published by Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

Publisher Address:  Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330, Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id |

 

View My Stats