Anteseden Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Di Kabupaten Banyumas

Reza Rahmadi Hasibuan, Agustin Riyan Pratiwi

Abstract


Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting dalam membentuk perilaku pembelian ulang pada pembelanjaan online. Shopee memegang posisi pertama sebagai top e-commerce selama sepuluh periode secara berkelanjutan yang dihasilkan dari peringkat pada AppStore. Pada periode II 2019, aplikasi Shopee menjadi peringkat teratas pada AppStore. Tetapi dilihat pada jumlah rata-rata konsumen pada aplikasi setiap bulannya, Tokopedia memimpin peringkat teratas dibandingkan Shopee. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat repurchase intention di aplikasi Shopee. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan analisis data Structural Equation Modeling (SEM). Secara spesifik penelitian ini dapat disimpulkan bahwa diskon tidak berpengaruh terhadap kepuasan, diskon tidak berpengaruh terhadap repurchase, kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan, kemudahan tidak berpengaruh terhadap repurchase, kepuasan berpengaruh terhadap repurchase.

 

Kata Kunci: Shoppe, repurchase intention dan SEM.

Keywords


Shoppe; repurchase intention and SEM.

Full Text:

PDF

References


APJII. (2020, Juni 10). Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Retrieved from apjii.or.id: https://www.apjii.or.id/survei2017

Davis,F.D. 1989. ”Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly.Vol. 13 No. 5: pp319-339.

Endang Ruswanti. 2013. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Toko Buku Gramedia Yogyakarta. Jurnal Ekonomi, Volume 4 No 1, Mei 2013.

Flavia’n, C. and M. Guinali’u. 2006. Consumer Trust, Perceived Security and Privacy Policy Three Basic Elements of Loyalty to a Web Site. Industrial Management & Data Systems. 106 (5). 601-620

Gupta, Ramachandran.2017.Factors Influencing the Likelihood to Purchase on Flash Sales.India

Hilal Ozen, Nil Engizek, (2014) "Shopping online without thinking: being emotional or rational?", Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol. 26 Issue: 1, pp.78-93,

Hua, Z. (2014) ‘Value and Efficacy of Foley Catheter Removal of Blunt Pediatric Esophageal Foreign Bodies’, ISRN Otolaryngology, 2014, pp. 1-4.

John Eagen. 2004. Impact of Satisfaction, Trust, and Relationship. University of Karlsruhe.

Kotler, Philip & Keller, Kevin. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2002. Perilaku konsumen dan strategi pemasarann. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Pont, B., Nusche, D., & Moorman, H. (2008). Improving school leadership: Policy and practice (Vol. 1). Paris: OECD.

Roca 2009. The Association Between Reflux Esophagitis and Psychosocial Stress. Dig Dis Sci. 2013;58:471-7

Schiffman & Kanuk, 2010. Impulse Buying. an international journal, Volume 41, Number 5, 2012, pp. 1291-1300(9).

Solomon, M.R. & Rabolt, N. 2009. Consumer Behaviour in Fashion, 2nd. Edition. USA: Prentice Hall.

Stern, H. 1962, A The Significance of Impulse Buying Today, Journal of Marketing, Vol. 26, April, pp. 59-63.

Mowen, J.C. and Minor, M., 2002. Perilaku konsumen. Alih Bahasa Lina Salim,

Edisi Kelima. Jakarta: PT. Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v16i2.10514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats