Pengaruh Green Marketing dan Pengetahuan terhadap Keputusan Pembelian Kopi Starbucks di Pulau Jawa
Abstract
Green marketing berkaitan dengan dalam pemasaran produknya mempertimbangkan masalah lingkungan yang ada. Salah satu caranya dengan menggunakan tumbler atau reusable cup dalam pembelian kopi Starbucks. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai yang dapat menyebabkan peningkatan jumlah sampah yang dikhawatirkan dapat menganggu lingkungan. Variabel green marketing dengan pengetahuan digunakan untuk mengetahui keputusan pembelian, pengetahuan ini berkaitan dengan pengetahuan konsumen mengenai segala informasi produk tersebut. Data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama kesadaran lingkungan, fitur produk hijau, harga produk hijau, promosi produk hijau, dan pengetahuan terhadap keputusan pembelian kopi Starbucks di Pulau Jawa. Sedangkan secara sendiri-sendiri terdapat pengaruh secara signifikan antara kesadaran lingkungan, fitur produk hijau, harga produk hijau, promosi produk hijau, dan pengetahuan terhadap keputusan pembelian kopi Starbucks di Pulau Jawa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansofino, Jolianis, Yolamalinda, Hagi A. (2016) ‘Buku Ekonometrika’. Yogyakarta : CV Budi Utama
Aprilisya, N.P.E., Ni Nyoman K.Y., I Gusti A.K.G. (2017) ‘Peran Sikap Memeditasi Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan’. Jurnal Manajemen Unud, 6 (4), pp.1701-1728
Badan Pusat Statstik. (2013) ‘Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035’. Jakarta : BPS Indonesia
Badan Pusat Statistik. (2017) ‘Statistik Kopi Indonesia’. Jakarta : BPS Indonesia
Boztepe, A. (2012) ‘Green Marketing and Impact on Consumer Buying Behavior’, European Journal of Economic and Political Studies 5(1), pp 5-21
Ghozali, I. (2014) ‘Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22’. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunawan, C. (2018) ‘Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengolah Data Dengan IBM SPSS Statistic 25)’. Yogyakarta: Deepublish
Hanifah, A. D., Zainal A., Kardarisman H. (2016) ‘Pengaruh Pemasaran Berwawasan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli yang Menghuni Perumahan Ijen Nirwana Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 32 (2), pp 23 – 32
Herdianto, D. (2016) ‘Creative Selling Everyday’. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Jonathan, S. (2006) ‘Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS’. Yogyakarta : Andi
Kartikasari M.D, Muhammad D., Hari S. (2018) ‘Pengaruh Green Marketing dan Pengetahuan terhadap Keputusan Pembelian dengan Mediasi Minat Membeli Konsumen Sariayu Martha Tilaar di Kota Jember’, E Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 5(2), pp 172-177
Katadata. (2018) ‘Kementerian Pertanian Data Konsumsi Kopi Indonesia’. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton
Priansa, D .J. (2016) ‘Pengaruh E-WOM dan Persepsi Nilai terhadap Keputusan Konsumen untuk Berbelanja Online di Lazada’, Ecodemica, 4(1), pp 117-124
Priyatno, D. (2009) ‘SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivarite’. Yogyakarta : Gava Media
Rahayu, L.M.P., Yusri A., M Kholid M. (2017) ‘Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia’, Jurnal Administrasi Bisnis, 43 (1), pp 121-131
Savitri, M.H., Suharyono, Andriani K. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Premium terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Tupperware di Distributor Resmi PT Adicitra Prima Kencana’, Jurnal Administrasi Bisnis, 40(2), pp 7-16
Septifani, R., Fuad A., Imam S. (2014) ‘Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan, dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian’, Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), pp 201-218
Sudaryo , Y., Nunung A S., R Adam M., Ana H. (2018) ‘Metode Penelitian Survei Online dengan Google Form’. Yogyakarta : CV Andi Offset
Sugiyono. (2012) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D’. Bandung : Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v16i2.11714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tirtayasa Ekonomika
View My Stats