PENGARUH SADAR WISATA, AKSESIBILITAS, FASILITAS, DAN EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (Studi Kasus pada Rumah Coklat Bodag)

Dian Citaningtyas Ari Kadi, Lavenia Pratiwiningtyas, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Rumah Coklat Bodag adalah salah satu rumah makan yang memiliki konsep wisata di Madiun dengan Sadar Wisata yang dapat menjadikan Rumah Coklat Bodag menjadi salah satu icon destinasi wisata, diikuti dengan aksesibilitas yang baik, fasilitas yang sesuai, dan ekuitas merek dari produk olahan coklat MADCHO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sadar wisata, aksesibilitas, fasilitas, dan ekuitas merek terhadap minat berkunjung. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif. Sampel penelitian 200 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan metode sampling insidental. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form dan menyebarkan angket secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini secara parsial terdapat pengaruh signifikan sadar wisata, aksesibilitas, ekuitas merek terhadap minat berkunjung. Sedangkan fasilitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung.

Keywords


Sadar Wisata; Aksesibilitas; Fasilitas; Ekuitas Merek; Minat Berkunjung

Full Text:

PDF

References


Ab, M., Zulfanetti, Z., & Edy, J. K. (2020). Pengaruh sadar wisata, kemenarikan fasilitas dan jarak terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata Merangin Garden di Kabupaten Merangin. E-Jurnal Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, 9(3). https://doi.org/10.22437/jels.v9i3.11957.

Abdulhaji, S., & Yusuf, I. S. Hi. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar Di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano Vol. 7 No. 2 Edisi November 2016, 148 (Sarana Prasarana Wisata Ternate).

Ab, M., Zulfanetti, Z., & Edy, J. K. (2020). Pengaruh sadar wisata, kemenarikan fasilitas dan jarak terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata Merangin Garden di Kabupaten Merangin. E-Jurnal Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, 9(3). https://doi.org/10.22437/jels.v9i3.11957.

Abdulhaji, S., & Yusuf, I. S. Hi. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar Di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano Vol. 7 No. 2 Edisi November 2016, 148 (Sarana Prasarana Wisata Ternate).

Abruruman, A., Kumail, T., Sadiq, F., & Abbas, S. M. (2020). Influence of Brand Equity on Intentions to Visit Tourist Destinations: The Case of United Arab Emirates Outbound Travellers. In International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net (Vol. 14, Issue 9).

Adimayu, Y., & Ernawati, S. (2020). Pengaruh Daya Tarik Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Pada Pantai Lawata Kota Bima The Influence Of Attraction a nd Facilities On Visiting Interest Of Lawata Beach, Bima City. Jurnal Mala’bi STIE Yapman, 3(1).

Anwani, A. (2021). Analisis Obyek Daya Tarik Wisata Dan Aksesbilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1). https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10182.

Awaluddin, A., & Haryanti, I. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Pada Water Boom Arema Raya Kota Bima. Manajemen Dewantara. 5(2). https://doi.org/10.26460/md.v5i2.10286

Bella, C. (2018, November 2). 9 Reasons Why Women Love Traveling “Women-Only”: Adventure Women Research. Https://Www.Adventurewomen.Com/Blog/Article/Why-Women-Love-Traveling-Women-Only-2018-Survey-Results/.

Cohen, H. (2011, March). 72 Marketing Definitions. Https://Heidicohen.Com/Marketing-Definition/.

Devile, E., & Kastenholz, E. (2018). Accessible tourism experiences: the voice of people with visual disabilities. Journal of Policy Research in Tourism, Leisure and Events, 10(3). https://doi.org/10.1080/19407963.2018.1470183.

Farida, U. (2013). Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Pedesaan Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 1(1). https://doi.org/10.14710/jwl.1.1.49-66.

Fitriani, M., Syaparuddin, S., & Kusuma Edy, J. (2021). Analisis faktor – faktor yanng mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan ke Kebun Binatang Taman Rimba Provinsi Jambi. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, 10(1). https://doi.org/10.22437/pdpd.v10i1.12496.

Fitriani, R., & Wilardjo, S. B. (2017). Sadar Wisata, Kemenarikan Fasilitas, Jarak, Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Objek Wisata Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang. Jurnal Wawasan Manajemen, 5(3).

Gultom, H. C., Sakti, R. D. K., & Prabowo, H. (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Hotel Chanti Semarang 2020. Bisnis Dan Manajemen, 07(02).

Hariyanto, O. I. B. (2017). Membangun Karakter Sadar Wisata Masyarakat di Destinasi Melalui Kearifan Lokal Sunda. Jurnal Pariwisata, IV(1).

Iranita, I., & Alamsyah, P. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, Aksessibilitas Wisata Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Ke Wisata Bahari Desa Benan. Bahtera Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.31629/bi.v2i2.1624.

Ishaka, Y. A. (2020). Pengaruh Daya Tarik Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Pada Pantai Lawata Kota Bima. Mala’bi: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene, 3(1). https://doi.org/10.47824/jme.v3i1.63.

Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1). https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447.

Iswidyamarsha, C., & Dewantara, Y. F. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Di Dunia Air Tawar Dan Dunia Serangga Tmii. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2). https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3849.

Jalil, A. (2021, February). Rumah Coklat Bodag, Tawarkan Sensasi Menikmati Cokelat Hangat di Lereng Gunung Wilis. Https://Www.Solopos.Com/Rumah-Coklat-Bodag-Tawarkan-Sensasi-Menikmati-Cokelat-Hangat-Di-Lereng-Gunung-Wilis-1109621.

Kotler, P. (2008). Marketing Management, Thirteenth Edition (A. Maulana & W. Hardani, Eds.; 13th ed.). Erlangga.

Lingga, R. A., & Edi, W. (2020). Pengaruh Sadar Wisata dan Brand Wonderful Indonesia terhadap Minat Kunjungan pada Istana Maimun Medan. Jurnal Studi Manajemen, 2(2).

Miarsih, G. S., & Wani, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan Ke Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2). https://doi.org/10.36594/jtec.v1i2.28.

Nurbaeti, N., Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah, A. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456.

Prodjo, W. A. (2016, November). Apa yang Dicari Anak Muda Saat Wisata Kuliner?https://travel.kompas.com/read/2016/11/16/140500927/apa.yang.dicari.anak.muda.saat.wisata.kuliner.

Siagian, M. (2022). Pengaruh Harga Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso Di Suzuya Tanjung Morawa. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6535, 36.91.151.182.

Sinaga, O. S., Candra, V., & Putri, D. E. (2020). Peran Fasilitas Dan Harga Untuk Mendorong Minat Berkunjung Dalam Situasi Covid 19 (Studi Pada Taman Hewan Kota). Ekonomi, Akuntansi, September.

Sugara, I. R. (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Aksesibilitas Taman Nasional Komodo Terhadap Minat Berkunjung. Universitas Sanata Dharma.

Sugito. (2018). Rumah Coklat Bodag. Https://www.rumahcoklatbodag.com/.

Sulistyorini, I. (2021, August 2). Ternyata Ini Alasan Anak Milenial Suka Nongkrong di Cafe. https://lifestyle.kontan.co.id/news/ternyata-ini-alasan-anak-milenial-suka-nongkrong-di-cafe.

Tantriana, D., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Aksesibilitas, Experiential Marketing Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v18i2.16433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats