Pengaruh Brand Image, Store Atmosphere dan Product Assortment Terhadap Purchase Decision (Studi pada Hypermart Kota Ternate)

Muhamad Gilang Hadar, Johan Fahri, Subhan Subhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, store atmosphere dan product assortment terhadap purchase desicion pada Hypermart di di kota Ternate.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah berbelanja di Hypermart Ternate dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 respnden.Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh secara langsung dari kuisioner yang telah diisi oleh responden penelitian, dan menggunakan alat bantu program SPSS 23.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase decision; 2) Store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap purchase decision; 3) Product assortment berpengaruh signifikan terhadap purchase decision; 4) Brand image, store atmosphere dan product assortment berpengraruh siginfikan terhadap purchase decision.Kata Kunci: Brand image, store atmosphere, product assortment, purchase decision

Keywords


Brand Image; Store Atmosphere, Product Assortment, Purchase Decision

Full Text:

PDF PDF

References


Adiwidjaja, Adrian Junio dan Tarigan, Zeplin Jiwa Husada. 2017. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. AGORA, 5(3).

Berman, Barry dan Evans, Joel. R. 1995. Retail Management A Strategic Approach,. Fifth Edition, New York: Macmillian.

Farikha, Fitrotul, Rachman, Ellys dan Antu, Yahya. 2022. Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Di Foodpedia Gorontalo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 3(1).

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek Dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 1(3).Follet, Marry Parker, 1997. Manajemen Dalam Organisasi. Jakarta: Kencana.

Hair Jr, J., Hult, G. T., Ringle, C., Sarstedt, M. 2010. Multivariate Data Analysis 7th Edition. England:Harlow.

Jacobus, Treyssi Sonia Wongkai., Lumanauw, Bode dan Kawet, Raymond Ch. 2022. Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Freshmart Superstore Bahu Manado di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 14(4).

Kartajaya, Hermawan. 2010. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2000. Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks

Kusumowidagdo, Astrid. 2010. Pengaruh Desain Atmosfer Toko terhadap Perilaku Belanja: Studi Atas Pengaruh Gender terhadap Respon Pengunjung Toko. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.3 No.1.

Levy, M. Phd., dan Weitz, B. A. 2007. Retailing Management 6th edition. New York: Mc. Graw Hill International.

Meldarianda, Lisan. 2010. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Bandung. JBE Vol 17 No.2. Hal 97-107.

Peter J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior. Jakarta: Erlangga.

Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic. Publishing Service (CAPS).

Sutisna dan Pawitra. 2001. Perilaku konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v19i1.24204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats