Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pemasaran Ikan Di PPN Karangantu
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pemasaran ikan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Cronbach's Alpha: kepuasan 0.886; loyalitas 0.911). Customer Satisfaction Index (CSI) mencapai 85,66% (sangat puas), meskipun terdapat kesenjangan pada kenyamanan layanan dan kecepatan transaksi. Sebagian besar responden adalah perempuan (60%), berusia 21-30 tahun (62%), dengan frekuensi belanja 2-3 kali per minggu (40%). Temuan ini menegaskan bahwa layanan yang memuaskan dapat secara substansial meningkatkan loyalitas pelanggan. Studi ini memberikan kontribusi praktis terhadap manajemen hubungan pelanggan, khususnya di sektor perikanan Indonesia. Penelitian ini merekomendasikan untuk meningkatkan layanan, mengatasi masalah prioritas, dan memanfaatkan teknologi CRM untuk mendukung loyalitas pelanggan. Sebuah diskusi rinci juga menghubungkan temuan penelitian dengan praktik pemasaran lokal di PPN Karangantu, yang menunjukkan relevansi hasil penelitian dengan praktik pemasaran setempat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliah, Isnainul, et al. "Analisis Kepuasan Konsumen Ikan Hias di Kota Makassar." Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan 7 (2020).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
dan Sunarto, Riduwan. "Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis." Bandung: Alfabeta (2013).
Engaging Your Customer. (4th edition). New York : McGraw-Hill, Inc.
Gofur, Abdul. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol. 4 No. 1.
Greenberg. Paul. 2010. CRM at the speed of light : Social CRM Strategies, Tool, and Techniques for Griffin, J. (2010). Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It. San Francisco: Jossey-Bass.
Hadya, Z.* (2013). Pengaruh Customer Relationship Marketing, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Natasha Skin Care di Kudus). Tesis, Universitas Dian Nuswantoro.
Haryadi, Wahyu, et al. "Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pedagang Ikan Di Pasar Kerato)." Jurnal Ekonomi & Bisnis 8.3 (2020): 204-214.
Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Elex Media Komputindo.
Jamiat, Nuslih, and Tia Nadila. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa Pos Logistik Palembang." JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 10.3 (2023): 2243-2253.
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkama) 1.2 (2018).
Kotler dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta : Erlangga.
Kurnia, A. F.* (2014). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan di Kota Solo. Naskah Publikasi Ilmiah Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kuantitatif, Pendidikan Pendekatan. "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D." Alfabeta, Bandung (2016).
Likert, R. (1932). A Technique for the Measurement of Attitudes. Archives of Psychology, 22(140), 1–55.
Mubyarto. (1995). Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: LP3ES Noviyanti, Iis. "Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan."
Nurhidayati, Nurhidayati, and Kartika Yuliantari. "Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet." Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen 2.1 (2018): 69-75.
Pi, W. P., & Huang, H. H.* (2011). Effects of Promotion on Relationship Quality and Customer Loyalty in the Airline Industry: The Relationship Marketing Approach. African Journal of Business Management, 5(11), 4403-4414.
Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Putra, Susanto Doni, Seno Sumowo, and Anwar Anwar. "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Usaha Rumahan Kerupuk Ikan Super Besuki Situbondo)." Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 3.1 (2017).
Rahmiati, Mia. 2012. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus:Honda Vario). Diambil dari: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20319731-S-Mia%20Rahmiati.pdf. (02 April 2017).
Singarimbun, M., & Effendi, S. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Widyastuti, Y., & Wahyuati, A.* (2014). Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(6).
Yuwono, Ajib Catur Yudo, et al. "Pengaruh Presepsi Harga, Kuallitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan PT. Soyo Aji Perkasa." E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 17.2 (2024): 117-130.
Zhafarina, H.* (2013). Pengaruh Customer Relationship Marketing, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Natasha Skin Care di Kudus)
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v20i1.30729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tirtayasa Ekonomika
View My Stats