PERSEPSI PARA ULAMA, TOKOH ORMAS ISLAM DAN AKADEMISI TERHADAP BAURAN PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH DAN KESESUAIAN PRAKTEK PERBANKAN SYARIAH DENGAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH

Ina Indriana, Tenny Badina, Lia Uzliawati, Enok Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis  persepsi para ulama, para tokoh ormas Islam dan akademisi terhadap perbankan syariah. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu metode survey dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif eksploratif Berdasarkan hasil penelitian persepsi para ulama, anggota ormas Islam dan kalangan akademisi terhadap bauran pemasaran (produk, promosi, harga, lokasi dan personal) perbankan syariah berbeda-beda. Para ulama  dan kalangan akademisi menilai bauran pemasaran yang dikembangkan oleh perbankan syariah sudah tepat. Sementara anggota ormas islam menilai bauran pemasaran yang dikembangkan oleh perbankan syariah masih kurang tepat. Perbedaan persepsi ini disebabkan karena adanya perbedaan pengalaman, peranan, minat dan kebutuhan serta tingkat keyakinan.Persepsi para ulama dan kalangan akademisi terhadap kesesuaian praktek perbankan syariah dengan prinsip-prinsip syariah adalah positif. Sedangkan anggota ormas islam menilai praktek perbankan syariah  tingkat kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip syariah masih rendah. Perbedaan persepsi tersebut dimungkinkan karena kurangnya pengalaman, pengetahuan, minat dan kebutuhan terhadap produk-produk dan layanan perbankan syariah.

 

Kata Kunci : Persepsi, Ulama, Tokoh Ormas Islam, Akademisi, bauran pemasaran, prinsip-prinsip syariah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v11i1.4173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats