Kepatuhan Wajib Pajak Online Shopping Di Jakarta: Urgensi Antara E-Commerce Dan Jumlah Pajak Yang Disetor

Agus Ismaya Hasanudin, Dadan Ramdhani, Muhamad Deny Bagas Giyantoro

Abstract


The purpose of this study is examining the effect of e-commerce on the amount of tax paid with taxpayer compliance as an intervening variable. Respondents in this study were 67 online shopping entrepreneurs in Jakarta and using a platform incorporated in the IDEA (Indonesian E-Commerce Association) community. This study using primary data to obtain information from respondents by a purposive sampling method. Data analysis uses Statistical Product and Service Solution (SPSS) application version 25. The results of this study indicate that e-commerce has no significant effect on taxpayer compliance and the amount of tax paid through taxpayer compliance as an intervening variable, while e-commerce has an effect significantly to the amount of tax paid and taxpayer compliance has a significant effect on the amount of tax paid.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh e-commerce terhadap jumlah pajak yang disetor dengan kepatuhan wajib pajak sebagai variable intervening. Responden dalam penelitian ini adalah 67 pengusaha online shopping yang ada di Jakarta dan menggunakan platform yang tergabung dalam komunitas IDEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia). Penelitian ini menggunakan data primer untuk memperoleh informasi dari responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Data analisis menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan jumlah pajak yang disetor melalui kepatuhan wajib pajak sebagai variabel intervening, sedangkan e-commerce berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah pajak yang disetor dan kepatuhan wajib pajak berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah pajak yang disetor.


Keywords


E-Commerce; Amount of Tax Paid; Taxpayer Compliance

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman. 2010. Panduan Pelaksanaan Administrasi Pajak: Untuk Karyawan,

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.

Ajzen, Icek, 1988. from intentions to actions: attitudes, personality, &behavior.

Amin Mohammad Arridho Nur dan Ramdhani Dadan. 2017. Analysis of Abnormal Return, Stock Return and Stock Liquidity Before and After Buyback Share: Case Study of Companies Listed In Indonesia Stock Exchange in Period of 2011-2015. Tangerang: RJOAS Vol.11 No.71

Aribawa, D. 2016. E-Commerce Strategic Business Environment Analysis in Indonesia. Indonesia: International Journal of Economics and Financial Issues.

Arisandy, N. 2017. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Pekanbaru: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Vol.14. No.1, Maret 2017: 62-71

Bajaj, Kamlesh K dan Debjani Nag. 2000. E-commerce The Cutting Edge Of Business. Singapore: Mc Graw-Hill Book Co.Chicago: Dorsey Press.

Darussalam, 2009, Transaksi Derivatif dan Aspek Pemajakannya

Davis,F.D. 1989. ”Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly.Vol. 13 No. 5: pp319-339.

Dewi dan Warmika. 2016. Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce Di Kota Denpasar. Denpasar: E-Jurnal Manajemen Unud. Vol.5 No.4

Dewi Rahmatika dan Ramdhani Dadan. 2017. How Are The Effects of Profitability And Capital Structure on Stock Return with Inflation as a Moderation Variable?. Jakarta: RJOAS Vol 12 No.72

Gupta and Dubey. 2016. E-Commerce – Study of Privacy, Trust and Security from Consumer’s Perspective. India: International Journal of Computer Science and Mobile Computing. Vol.5 Issue 6

Mardianto, Daniel dan Ramdhani, Dadan. 2018. The Analysis Of Marketing Strategy And Plan of PT.Jaffee Indonesia. Indonesia: RJOAS Vol.11 No.83

Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Moon, Sultana, Nur, dan Saifurzzaman. 2017. A Literature Review of the Trend of Electronic Commerce in Bangladesh Perspective. Bangladesh: Global Journal of Management And Business Research: Economics And Commerce. Vol.17 Issue 3 Version 1.0

Nair, Kiran S. 2017. Impact of E-Commerce on Global Business And Opportunities – A Conceptual Study. Dubai: International Journal of Advanced Engineering and Management Research. Vol. 2 Issue 2

Pahlevi, Nurhayati, dan Halimatusadiah. 2016. Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.3 No.2

Pogorelova, Yakhneewa, Agafonova, and Prokubivskaya. 2016. Marketing Mix for E Commerce. Russia: International Journal Of Environmental & Science Education. Vol.11 No.14

Pramiswari dan Dharmadiaksa. 2017. Pengaruh E-CommerceDan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. Bali: E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.20.1. Juli (2017): 261-289

Rahayu, Siti Kurnia, 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ramdhani, Dadan dan Firdauz Frequencia Sukmana. 2018. Operational Strategy Analysis Using Lean Six Sigma At PT.Four Jaffee Indonesia. Indonesia: RJOAS Vol.9 No.81

Ramdhani, Dadan dan Yusuf, Muhammad. 2018. Financial Strategy Analysis PT.Four Jaffee Indonesia. Indonesia: International Journal of Economics, Commerce and Management. Vol. VI, Issue 9

Ramdhani, Dadan. 2018. Kontribusi Strategi Bisnis Dan Lingkungan Eksternal Dalam Meningkatkan Sistem Pengendalian Manajemen: Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Perhotelan Di Provinsi Banten. Banten: Tirtayasa Ekonomika. Vol.13 No.2 Oktober 2018

Ramdhani, Dadan. 2018. Peran Keutamaan Organisasi Dan Akuntabilitas Publik Dalam Memengaruhi Kinerja Sektor Publik Di Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Banten. Banten: Jurnal Riset Akuntansi Terpadu. Vol.11 No.2 September 2018 Hal. 208-228

Resmi Siti, 2014. Perjakan Teori dan Kasus Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat

Robbins, Stephen P and Timothy A. Judge (2015). Organizational Behavior. Pearson. United State America. Edisi 16 .

Rofiq, A. 2017. Peran Regulasi Pemerintah Dan Kualitas Website Dalam Menciptakan Impulse Buying Di Transaksi E-Commerce. Malang: Jurnal Ilmuwan dan Praktisi Manajemen. Vol.1 No.1

Safrina, Soehatono, dan Savitri. 2017. Mengail Potensi Pajak: Model Bisnis E-Commerce Dan Aspek Perpajakannya. Banjarmasin: Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2017

Sari, 2018. Analisis Terhadap Penerapan Pajak Atas Transaksi E-Commerce. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Seprina, Suroyo, dan Komalasari. 2016. Pengaruh Efektivitas Penggunaan E-Commerce Pada Peningkatan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa SMK Bina Jaya Palembang. Palembang: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. Vol.8 No.2

Setyawan, Sukadana, dan Saientisna. 2017. Peran E-Commerce Terhadap Penjualan Usaha Pada Industri Pakaian Jadi Di Provinsi Bali. Bali: E-Jurnal EP Unud

Sholihhin dan Mujilahwati. 2016. Dampak Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Peningkatan Penjualan Di UMKM: Studi Kasus Ninda Bros Lamongan. Lamongan: Jurnal Teknika. Vol.8 No.1

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif). Bandung: Alfabeta.

Suparni, Niniek. 2009. CYBERSPACE Problematika & Antisipasi Pengaturannya. Sinar Grafika. Jakarta.

Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE-62/PJ/2013 Tentang Penegasan Ketentuan

Suryanti. 2013. Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Penghasilan Dengan Penagihan Pajak Sebagai Variabel Moderating.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v15i1.7828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats