PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MYOB DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Otong Hidayat, Sholeh Hidayat, Lukman Nulhakim

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1. Perbedaan hasil belajar akuntansi komputer peserta didik yang dibelajarkan  menggunakan video tutorial MYOB dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan power point. 2. Perbedaan hasil belajar peserta peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian rendah. 3. Pengaruh interaksi video tutorial dan kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Terdapat perbedaan hasil belajar sebesar 12.35% yang dibelajarkan video tutorial dan yang dibelajarkan menggunakan power point. (2). Terdapat  perbedaan  hasil  belajar  7.63%, peserta didik yang memiliki   kemandirian   belajar   tinggi  dengan   peserta   didik   yang memiliki kemandirian belajar rendah. (3). Terdapat pengaruh interaksi video tutorial dan kemandirian belajar.

 

Kata  Kunci:  Video  Tutorial  MYOB,  Kemandirian  Belajar  dan  Hasil  Belajar Akuntansi Komputer.


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhamad & Muhamad Asrori. 2005. Psikologi Remaja.Jakarta. PT Bumi Aksara.

Ambarjaya,Beni S. 2012. Psikologi Pendidikan & Pengajaran, Teori dan Praktek. Yogyakarta. CAPS.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Barbara B Seels. 1994. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Daryanto, 2012. Media Pembelajaran. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hamalik,Oemar, 2006, Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kustandi,Cecep & Bambang Sutjipto.2013. Media Pembelajaran. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Kusworo,Wowo Sunaryo. 2013. Dasar-dasar Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Bandung. Alfabetha.

Loren W. Anderson and David R. Krathwohl, 2001, Taxonomy Learning, Teaching, and Assessing, Longman, New York.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mudjiman, Haris. 2007. Belajar Mndiri. Surakarta. UNS PRESS.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta. Prenada Group.

Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung. Sinar Baru Algasindo.

Riadi, Edi. 2014. Metode Statistika Parametrik & Non Parametrik. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel- variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.

Smaldino, Deborah, Russel. 2011. Instructional Technology & Media For Leaming. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana. 2001. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata,Nana Syaodih. 2013. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Tirtarahardja, Umar & S.L La Luso. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta. PT Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v7i2.10690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.