HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PELATIHAN DENGAN KINERJA GURU PAUD DI KECAMATAN MAJA

Cucu Atikah, Nenih Husnaeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik  dengan kinerja guru di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak, hubungan pelatihan dengan kinerja guru di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak, dan hubungan kompetensi pedagogik dan pelatihan secara bersama-sama dengan kinerja guru PAUD di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi korelasi. Populasi berjumlah 81 guru PAUD dengan jumlah sampel adalah 34 orang guru dengan teknik purposive sampling. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Maja. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif Kompetensi Pedagogik dengan Kinerja Guru pada Guru PAUD di Kecamatan Maja. Pengaruh variabel Kompetensi Pedagogik (X1) dengn variabel Kinerja Guru (Y) ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = a + b X1 = 64,719 + 0,488 X1. Koefisien regresi sebesar 0,488 menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai kompetensi pedagogik akan memberikan peningkatan skor sebesar 64,719 terhadap nilai Kinerja Guru. (2) Terdapat hubungan antara Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Maja. Pengaruh variabel Pelatihan  (X2) dengan variabel Kinerja Guru   (Y) ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = a + b X2 =  67,886 + 0,517 X2. Koefisien regresi sebesar 0,517 menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai Pelatihan akan memberikan peningkatan skor sebesar 67,886. (3) hubungan positif dalam tingkatan sedang antara Pelatihan secara bersama-sama dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Maja. Ditunjukkan dengan persamaan regresi   Ŷ = a + b1 X1 + b2 X2 = 64,445 + 0,488X1 + 0,517X2. Koefisien regresi sebesar 0,488 dan 0,517  menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai Kinerja Guru  akan memberikan peningkatan skor sebesar 64,445.

 

Kata kunci : kompetensi pedagogik, pelatihan dan kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak. Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad, 2013 Kepemimpinan efektif dalam Perusahaan. Yogyakarta: Liberty.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Atmodiwiro, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Ardadizya.

Barmawi & Mohamad Arifin, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan, Yogyakarta: ArRuzz.

Dharma, Surya. 2013. Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful ahri, 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Gaffar, Fakry. 2007, Perencanaan Pendidikan Teori dan Metodologi. Jakarta: P2.PLPTK Depdikbud.

Ghozali, Imam. 2005, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru, Jakarta: Bumi Aksara.

¬¬¬¬Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kotekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

. 2011. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Juniasih, Indah, Azizah Muis, Titi Chandrawati, 2017. Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta: U.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara, Prabu, Anwar. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Prabu, Anwar. 2012. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertfikasi Guru. Bandung:. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Proesional. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.

Musfah, Jejen.2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Bogor: Kencana Prenada Media Group.

Oteng, Sutisna. 2009, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Bandung: Angkasa.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014, Standar Nsional PAUD.

Priansa, juni, Donni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Ridwan, 2009. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadulloh, Uyoh dkk. 2017. Pedagogik Ilmu Mendidik, Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Saragih, Kiras. 2010. Usaha Konkret Guru Profesional. Serang: Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Sedarmayanti. 2011. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.

Siagian, S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Sidi, I. J. 2009, Reformasi Pendidikan Menyongsong Milenium Ketiga, Jakarta: Buletin Pusat Perbukuan Depdiknas edisi November No. 05.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 2010, Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3E.

Sofyandi, Herman. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Susanto, Ahmad. 2016. Konsep Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenada media Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 edisi 2009, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung, Depdiknas, Citra Umbara.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 edisi 2009, Tentang Guru dan Dosen, Bandung, Depdiknas, Citra Umbara.

Uno, H.B. 2011, Riset Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi, Jakarta: Gramedia.

Usman, Moh Uzer. 2011, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya

Wahyudi, Bambang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung; Sulita.

Wibowo dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wibowo, 2008. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Yamin, Martinis dan Maisah. 2010, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada.

Alfhan, Rizalil. Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Akuntansi SMA Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal. Tesis Universitas Negeri Semarang. 2013.

Handayani,Tri. Hubungan Kompetensi dan Pelatihan dengan Kinerja Guru di SMK Se-Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Tesis Untirta, Serang, 2016.

Alvian, Adien. Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal, 2 Oktober 2011.

Andriana, Julita, Sumarsih dan Delrefi D. Kinerja Guru Ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (1), 18-23.

Putri Safitri, Dwi dan Khaerudin. Jurnal Pembelajar Inovatif, Vol. 1, No.1. 2018.

Riza, Eva. Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 8 Edisi 1, April 2014.

Rusminingsih, Euis Soliha. Pengaruh Kompetensi Guru dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja dengan Mediasi Komitmen Organisasional (Studi pada Pendidik PAUD di Kecamatan Pati). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Universitas Stikubang, Vol. 2, No. 1, Maret 2014, Hal 73-88.

Slameto, Bambang S. Sulasmono, Krisma Widi Wardani. Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penyebabnya. Jurnal, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i1.11891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.