IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI

Maya Laela Sari, Luluk Asmawati, Cucu Atikah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tahap persiapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun di TK YPWKS II  (2) penerapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak 5-6 tahun di TK YPWKS II Kota Cilegon,  (3) tahap evaluasi penerapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun  di TK YPWKS II  Kota Cilegon.    Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif naturalistik. Subjek penelitian adalah Kepala sekolah, guru dan anak- anak TK YPWKS II usia 5-6 tahun sebanyak 17 anak dengan lokasi penelitian di TK YPWKS II Kota Cilegon. Dengan menggunakan penelitian kualitatif naturalistik dan diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap Persiapan dengan mempersiapkan segala rencana seperangkat pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran maka metode eksperimen dapat dilakukan dengan baik dan optimal untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun di TK YPWKS II (2) Pelaksanaan metode eksperimen dalam percobaan sains untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usai 5-6 tahun di TK YPWKS II Kota Cilegon yaitu semangat dan rasa ingin tahu anak terhadap percobaan sains berkembang dengan optimal dilihat dari kegiatan anak yang aktif dalam proses penyelidikan percobaan eksperimennya serta mengetahui banyak tentang proses perubahan fisika dan kimia dalam eksperimen sains yang dilakukan anak TK YPWKS II , (3) Tahap evaluasi yang terarah dapat menghasilkan penilaian yang otentik dan sesuai dengan tingkat capaian perkembangan anak usia dini. 

 

Kata Kunci : Metode eksperimen, keterampilan proses sains, literasi sains

Full Text:

PDF

References


Asmawati, Luluk. 2018. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Daryanto, 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta: Gava Media.

Emzir, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif& kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Isjoni.2017. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.CV

Khadijah.2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing.

Latif, Muhtar.2013. Orentasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: kencana

Lexy J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Karya.

Muhyiddin, Asep. 2018. Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Bandung : CV. Pustaka Setia

Surya, Mohamad.2016. Strategi Kognitif dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.CV

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Penerbit Bani Quraisy.

Toharudin, U., hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Humaniora.

Trianto. 2012. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Afriyuni. Devi, dkk. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri berbasis saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Junal Teknologi Pendidikan Vol.21 No.1.

Akromah, J, dkk. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam mengembangankan kognitif anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol.4 No.1.

Eni Rahayu, Hera, Hery. 2019. Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah PAUD.

Iswanti, Rukayah & rahmawati, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Warna Sekunder pada anak kelompok A TK Aisiyah Bustanul Athfal Gulon Surakarta. Jurnal PAUD

Juhji, 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

Lestariningrum, Anik & Nuryanti. 2016. Penerapan Metode eksperimen untuk meningkatkan konsep dasar sains pada anak didik kelompok A TK PKK Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Educhild Vol.5 No.1 Tahun 2016

Rohayani, farida. 2018. Model Pembelajaran Inkuiri untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol.3 No.1

Susanti. Rini. 2013. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Inkuiri.Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUD NI-Vol.8, No.1

Santi. M. J. Wahid, Slamet Suyanto. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Percobaan Sederhana Anak Usia 5-6 Tahun di TK-IT Albina Ternate. Jurnal Pendidikan Volume 2.

Munastiwi, Erni. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik pada pembelajaran anak usia dini(PAUD). Al Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol.1 Nomor 2.

Margaretha, dkk. 2015. Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita menggunakan Media Gambar Seri. PGPAUD UPI.

Mela Murti Roza. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak- kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Jurnal Ilmiah PG- Paud Volume 1 Nomor 17 Spetember 2012. Http:// Ejournal. unp.ac.id/indek.php/Paud Halaman 1- 11- 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.