EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI KARUNDANG 2
Abstract
Kurangnya pengembangan media belajar disekolah yang memotivasi minat membaca peserta didik berakibat pada rendahnya minat dalam membaca buku sehingga terjadinya penurunan pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik di Sekolah Dasar kelas III. Penelitian yang dilaksanakan berupa penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan memberikan instrumen berupa wawancara, angket dan tes. Sampel penelitian yaitu kelas III Sekolah Dasar yang berjumlah 22 orang di SDN Karundang 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Efektivitas penggunaan media komik terhadap hasil belajar peserta didik dari hasil rekapitulasi nilai pretest dan posttest memperoleh nilai 0,72 atau dipersentasekan dengan nilai 72% yang masuk pada kategori cukup efektif.
Kata kunci: media komik berbasis pembelajaran kontekstual, efektivitas, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Budiarti, W. N. & Haryanto. 2016. Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal
Prima Edukasia Vol. 4. No 2. Jawa Tengah: Universitas Nahdlatul Ulama Al
Ghazali Daniati, Devi, W. 2020. 27 Cara Asyik Belajar Matematika.
Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar
Widyaiswara, Vol. 4. No 1. Jakarta: Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan (Bdk)
Gumelar. 2011. Cara Membuat Komik. Jakarta: Indeks
Hake, RR. 1991. Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana University
Hamid, Mustofa. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis
Kustandi, C & Darmawan, D. 2020. Pengembangan Media pembelajaran Konsep dan
Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Disekolah dan
Masyarakat. Jakarta: Kencana
Pribadi, Benny A. 2017. Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta
Kencana Prihanto, D. & Yunianta, T. 2018. Pengembangan Media Komik Matematika
pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Vol. 5. No 1. Salatiga:
Universitas Kristen Satya Wacan
Rasyid , Isran. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran.Vol. VII. No 1. Medan:
Universitas Islam Negeri
Saputro, Anip Dwi. 2015. Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Vol. 1.
Ponorogo: Unmuh Ponorogo
Subroto, Erlanda. dkk. 2020. Efektivitas Pemanfaatan Komik Sebagai Media
Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, Vol. 5. No. 2. Malang: Universitas
Negeri Malang Sudjana, N & A. Rivai. 2013. Media Pengajaran. Cetakan Ke-11.
Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sumiharsono. Rudy. 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi
Windyariani, Sistiana. 2019. Pembelajaran Berbasis Konteks dan Kreativitas (Strategi
Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21). Yogyakarta: Deepublish
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i2.13124
Refbacks
- There are currently no refbacks.