EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI KARUNDANG 2

Tri Astuti, Sholeh Hidayat, Isti Rusdiyani

Abstract


Kurangnya pengembangan media belajar disekolah yang memotivasi minat membaca peserta didik berakibat pada rendahnya minat dalam membaca buku sehingga terjadinya penurunan pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik di Sekolah Dasar kelas III. Penelitian yang dilaksanakan berupa penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan memberikan instrumen berupa wawancara, angket dan tes. Sampel penelitian yaitu kelas III Sekolah Dasar yang berjumlah 22 orang di SDN Karundang 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Efektivitas penggunaan media komik terhadap hasil belajar peserta didik dari hasil rekapitulasi nilai pretest dan posttest memperoleh nilai 0,72 atau dipersentasekan dengan nilai 72% yang masuk pada kategori cukup efektif.

Kata kunci: media komik berbasis pembelajaran kontekstual, efektivitas, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Budiarti, W. N. & Haryanto. 2016. Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal

Prima Edukasia Vol. 4. No 2. Jawa Tengah: Universitas Nahdlatul Ulama Al

Ghazali Daniati, Devi, W. 2020. 27 Cara Asyik Belajar Matematika.

Magelang: Pustaka Rumah Cinta.

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar

Widyaiswara, Vol. 4. No 1. Jakarta: Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan (Bdk)

Gumelar. 2011. Cara Membuat Komik. Jakarta: Indeks

Hake, RR. 1991. Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana University

Hamid, Mustofa. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis

Kustandi, C & Darmawan, D. 2020. Pengembangan Media pembelajaran Konsep dan

Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Disekolah dan

Masyarakat. Jakarta: Kencana

Pribadi, Benny A. 2017. Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta

Kencana Prihanto, D. & Yunianta, T. 2018. Pengembangan Media Komik Matematika

pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Vol. 5. No 1. Salatiga:

Universitas Kristen Satya Wacan

Rasyid , Isran. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran.Vol. VII. No 1. Medan:

Universitas Islam Negeri

Saputro, Anip Dwi. 2015. Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Vol. 1.

Ponorogo: Unmuh Ponorogo

Subroto, Erlanda. dkk. 2020. Efektivitas Pemanfaatan Komik Sebagai Media

Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, Vol. 5. No. 2. Malang: Universitas

Negeri Malang Sudjana, N & A. Rivai. 2013. Media Pengajaran. Cetakan Ke-11.

Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sumiharsono. Rudy. 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi

Windyariani, Sistiana. 2019. Pembelajaran Berbasis Konteks dan Kreativitas (Strategi

Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21). Yogyakarta: Deepublish




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i2.13124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.