PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN KEDALEMAN IV

Nurdiana Siti Alifa, Syadeli Hanafi, Lukman Nulhakim

Abstract


Penelitian ini berfokus pada media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pada materi gaya dan gerak benda pada kelas IV SD. Prosedur pengembangan media video pembelajaran menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil keseluruhan 87% dengan kriteria media sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil keseluruhan 94,3% kriteria media valid dan sesuai dengan materi serta sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba berdasarkan respon pada siswa kelas IV di SDN Kedaleman IV memperoleh 97%. Hasil observasi peneliti pada pembelajaran sebelumnya yang diperoleh berdasarkan penelelitian dari berbagai sekolah memperoleh nilai rata-rata 71,5% dengan kriteria cukup baik hal ini dikarenakan pembelajaran secara daring dilakukan oleh guru tanpa menggunakan media hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga minat belajar siswa terlihat menurun selama pembelajaran. Hasil perolehan nilai post test setelah menggunakan media diperoleh sebesar 90,6% kriteria dari capaian siswa setelah menggunakan media tergolong tinggi. Kata Kunci : Video Pembelajaran Animasi, Kinemaster, dan Pemahaman IPA

Full Text:

PDF

References


Adi, C. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita

Indonesia, (August), 26. Retrieved from file:///E:/Renc

Skripsi/AniCahyadiPengembanganMedia.pdf

Fawziah, E., Yani, A. P., & Idrus, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis

Android Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 08 Kota Bengkulu.

Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 73–79.

https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.73-79

Gunawan Imam, R. A. P. (2016). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka

Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. (1), 98–117.

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In

Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8).

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video

Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kela Iv Di SDN

Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran)

Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50.

https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045

Mulyana, A. (2017). Pengertian Kemandirian Belajar. Retrieved from

http://www.jejakpendidikan.com/2017/03/pengertian-kemandirian-belajar.html

Musdayat, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video. Jurnal

Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 3, pp. 82–88.

Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam

Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi

Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI.

ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Sumarni, Halidjah, S., & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Menggunakan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–10. Retrieved from

Sumarni, Siti Halidjah, Hery Kresnadi

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar

Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, p. 103.

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian

Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 12–26


Refbacks

  • There are currently no refbacks.