PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN TAKTAKAN I
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan mendeskripsikan Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SDN Taktakan 1 Kota Serang. Adapun sampel penelitian berjumlah 80 siswa merupakan peserta didik kelas 4A dan kelas 4B. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain pre experimental IntactGroup Comparison Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4. Kelompok siswa dengan keaktifan belajar tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada kelompok siswa dengan keaktifan belajar rendah. Dilihat dari Nilai Sig 2- tailed 0,000 < probabilitas 0,05 dan nilai thitung 3,851 > t tabel 1,990 menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Analisis data menunjukkan adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang keaktifan belajarnya tinggi dan kelompok siswa yang keaktifan belajarnya rendah yang dapat dilihat dari nilai sig. 0,000 < 0,05, berarti keaktifan belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa . Besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai R Square 0,551, dapat diartikan bahwa besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa 55,1%.
Kata Kunci : keaktifan belajar siswa, hasil belajar, mata pelajaran IPS
Full Text:
PDFReferences
Achmad, A. H., Dinar, M. dan Bernard. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar,
Kemandirian Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas
IX SMP. Jurnal Issues in Mathematics Education. Vol. 4. No. 1 halaman 11 – 17.
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and
Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York:
Addison Wesley Longman, Inc.
Anderson, L. W., dan Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk
Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosuder Penelitian dan Pendekatan Praktik . Cetakan ke15, Jakarta:Rineka Cipta.
Volume 8 Nomor 2 November 2021
Budi, D. S, Bintoro, H. S, and Rahayu, R. (2020). Learning Activeness Affects the
Ability to Understand Students' Mathematical Concepts Using Discovery
Learning Model. Journal of Education Technology. Vol. 4(3) PP. 340-348.
Febriati, Y., Jaya M.T. B. S., dan Miswar, D. (2018). Pengaruh Aktivitas Belajar
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar.
Jurnal Online Published: Mar, 06 th 2018.
Hamalik, Oemar. (2015). Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-17, Jakarta: Bumi
Aksara.
Matsushita, Kayo. (2015). Deep Active Learning: Toward Greater Depth in University
Education. Chapter 4 . Kyoto Japan: Keiso Shobo
Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata
Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di SMP Islam Raden Patah di Depok. Jurnal
Bimbingan & konseling Keluarga. Volume 2 Nomor 2.
Purwaningsih, S. (2012). Pengaruh Keaktifan dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar
Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi
Turunan Fungsi pada Siswa Kelas XI IS 2 SMA N 15 Semarang.
Jurnal Karya Pendidikan Matematika. Vol. 5 No 2.
Puspitaningdyah, D. O. dan Purwanti, E. (2018). Pengaruh Keterampilan Mengelola
Kelas dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Joyful Learning
Journal 7 (1).
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Cetakan ke-7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman, dkk. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
---------. (2018). Model-Model Pembelajaran. Edisi kedua. Cetakan ke-lima. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Sardiman A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan ke-23,
Jakarta:Raja Grafindo Perkasa.
Sudjana, Nana. ( 2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-20,
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Permendikbud. Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud RI. No.22 tahun 2016
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i2.13127
Refbacks
- There are currently no refbacks.