PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN TAKTAKAN I

Endang Susilowati, Sholeh Hidayat, Sholih Sholih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan mendeskripsikan Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SDN Taktakan 1 Kota Serang. Adapun sampel penelitian berjumlah 80 siswa merupakan peserta didik kelas 4A dan kelas 4B. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain pre experimental IntactGroup Comparison Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4. Kelompok siswa dengan keaktifan belajar tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada kelompok siswa dengan keaktifan belajar rendah. Dilihat dari Nilai Sig 2- tailed 0,000 < probabilitas 0,05 dan nilai thitung 3,851 > t tabel 1,990 menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Analisis data menunjukkan adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang keaktifan belajarnya tinggi dan kelompok siswa yang keaktifan belajarnya rendah yang dapat dilihat dari nilai sig. 0,000 < 0,05, berarti keaktifan belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa . Besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai R Square 0,551, dapat diartikan bahwa besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa 55,1%.

Kata Kunci : keaktifan belajar siswa, hasil belajar, mata pelajaran IPS


Full Text:

PDF

References


Achmad, A. H., Dinar, M. dan Bernard. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar,

Kemandirian Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas

IX SMP. Jurnal Issues in Mathematics Education. Vol. 4. No. 1 halaman 11 – 17.

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and

Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York:

Addison Wesley Longman, Inc.

Anderson, L. W., dan Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk

Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosuder Penelitian dan Pendekatan Praktik . Cetakan ke15, Jakarta:Rineka Cipta.

Volume 8 Nomor 2 November 2021

Budi, D. S, Bintoro, H. S, and Rahayu, R. (2020). Learning Activeness Affects the

Ability to Understand Students' Mathematical Concepts Using Discovery

Learning Model. Journal of Education Technology. Vol. 4(3) PP. 340-348.

Febriati, Y., Jaya M.T. B. S., dan Miswar, D. (2018). Pengaruh Aktivitas Belajar

Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar.

Jurnal Online Published: Mar, 06 th 2018.

Hamalik, Oemar. (2015). Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-17, Jakarta: Bumi

Aksara.

Matsushita, Kayo. (2015). Deep Active Learning: Toward Greater Depth in University

Education. Chapter 4 . Kyoto Japan: Keiso Shobo

Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata

Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di SMP Islam Raden Patah di Depok. Jurnal

Bimbingan & konseling Keluarga. Volume 2 Nomor 2.

Purwaningsih, S. (2012). Pengaruh Keaktifan dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar

Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi

Turunan Fungsi pada Siswa Kelas XI IS 2 SMA N 15 Semarang.

Jurnal Karya Pendidikan Matematika. Vol. 5 No 2.

Puspitaningdyah, D. O. dan Purwanti, E. (2018). Pengaruh Keterampilan Mengelola

Kelas dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Joyful Learning

Journal 7 (1).

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Cetakan ke-7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, dkk. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

---------. (2018). Model-Model Pembelajaran. Edisi kedua. Cetakan ke-lima. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Sardiman A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan ke-23,

Jakarta:Raja Grafindo Perkasa.

Sudjana, Nana. ( 2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-20,

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja

Rosda Karya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Permendikbud. Peraturan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Standar Proses

Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud RI. No.22 tahun 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.