HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PELAYANAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI KECAMATAN CIMARGA KABUPATEN LEBAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kompetensi professional guru dengan pelayanan PAUD Holistik Integratif di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, hubungan motivasi kerja dengan pelayanan PAUD Holistik Integraif di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, dan hubungan kompetensi profesional guru PAUD dan motivasi kerja secara bersamasama dengan pelayanan PAUD Holistik Integrasi di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi korelasi. Populasi berjumlah 73 Tahun 8 Nomor 2 November 2021 215 guru PAUD dengan jumlah sampel adalah seluruh jumlah populasi. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Cimarga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan antara variabel Kompetensi Profesional Guru (X1) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y) pada Kecamatan Cimarga dibuktikan dengan hasil perhitungan rx1y = 0,492 dan koefisien determinasi pada tabel koefisien korelasi, terdapat R square adalah 0,242 (adalah pengkuadratan dari koefisien korelasi 0,492 atau 0,4922 ) berarti 24,2% kontribusi variabel Kompetensi Profesional Guru PAUD (X1) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y). (2) Terdapat Hubungan variabel Motivasi Kerja (X2) dengan variabel Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y) dibuktikan dari hasil perhitungan rx2y = 0,085 dan koefisien determinasi pada tabel koefisien korelasi terdapat R square adalah 0,007 berarti 7% kontribusi variabel Motivasi Kerja (X2) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y). (3) Terdapat hubungan positif dalam tingkatan sedang antara Kompetensi Profesional Guru PAUD dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Pelayanan PAUD Holistik Integratif pada Kecamatan Cimarga. Dibuktikan dari hasil koefisien determinasi diperoleh hasil rx12y 2 = 0,289 (adalah pengkuadratan dari koefisien regresi 0,538 atau 0,5382 ) berarti 28,9% kontribusi variabel Kompetensi Profesional Guru PAUD (X1) dan Motivasi Kerja (X2) secara bersamasama Terhadap Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y).
Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja dan Pelayanan PAUD Holistik Integritas
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Siti. 2010. Perkembangan dan Konsep dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
Jakarta. Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :
Rineka Cipta.
B.Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru dari Pra-Jabatan, Induksi, ke
Profesional Mandiri. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Tahun 8 Nomor 2 November 2021
Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Depdikbud. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
E.Mulyasa. 2011. Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan
Implementasi. Yogyakarta: Gava Media
Kaswan. 2015. Sikap Kerja. Bandung : Alfabeta
Kemdikbud, 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan
PAUD. Jakarta : Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Luluk Hodiqotul,dkk. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang
Selatan : Universitas Terbuka
Mangkunegara, Prabu Anwar.2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung :
Remaja Rosdakarya
M. Nur Rianto, 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Bandung : Alfabetha
Media Fokus. 2002. Undang-Undang Perlindungan Anak. Bandung : Fokus Media
Riduwan. 2004. Metode dan Tehnik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta
Rivai, Veitzal. 2005. Performance Appraisal Sisitem yang Tepat Untuk Menilai Kinerja
Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta : PT.Raja Grafindo
Persada.
Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2015. Perilaku Organisasi (Organizational
Behavior 16th edition). Jakarta: McGraw Hill dan Salemba Empat.
Sinambela, Lijan Poltak dkk. 2010. Refromasi Pelayanan Publik Teori Kebijakan dan
Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara
Soedarmayanti. 2004. Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung : Penerbit Mekar
Maju.
Suciati. 1997. Teori Motivasi dan Penerapannnya dalam Proses Belajar Mengajar.
Jakarta : Dirjen Dikti
Sugiyono. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rieneka Cipta
Suarsih, Tri dkk. 2018. Promosi Kesehatan untuk Pengembangan Anak Usia Dini Secara
Holistik Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Umar, Husen. 2012. Metode Penelitian. Jakarta : Raja Grafind Persada.
Uzer, Usman. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya
Widodod Eko, Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta : Pustaka Belajar
Wukir. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta
: Multii Persindo
Yusuf, Adie. 2007. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : rajawali Grafindo Persada.
Yutmini,Sri. 2007.. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : FKIP UNS
Selamatkan Kami dari Kekerasan dan Penganiayaan. 2007, Banten : Komisi Perlindungan
Anak Indonesia Daerah Provinsi Banten.
Undang-Undang Republik Indonesia No.14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang Sisdiknas. 2006.
Bandung : Citra Umbara
Undang-Undang Perlindungan Anak No.23 tahun 2002.. Bandung : Fokusmedia
Pengasuhan dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak. 2010. Jakarta : Badan
Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana, masyarakat dan Pemerintah Desa.
Perpres No. 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif
Farida, Hartati,Tri. 2014. Tesis Peran Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru
Taman Kanak-Kanak (Studi Pada TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul).
Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga
Hikmawati, 2017. Tesis yang berjudul Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini
Holistk Integratif (PAUD HI) di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi
Barat. Jakarta : UNJ
Laksono Budi Rachmat. 2018. Tesis Hubungan Kepemimpinan Partisipatif Kepala
Sekolah dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMA Swasta Korwil 1 Kota
Tangerang. Serang. Unirta.
Mulyanto Sri Agus, 2008. Tesis Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru dan
Konsep Diri Guru dengan Kinerja Guru Keas V Sekolah Dasar Neger di
Kecamatan Grogol. Bekasi. Universitas Sebelas Maret
Nani Suryani, 2018. Hubungan Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional
Guru Terhadap Kinerja Guru TK Negeri di kabupaten Lebak. Serang. Untirta
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i2.13128
Refbacks
- There are currently no refbacks.