HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PELAYANAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI KECAMATAN CIMARGA KABUPATEN LEBAK

Atin Anita Prihatini, Cucu Atikah, Luluk Asmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kompetensi professional guru dengan pelayanan PAUD Holistik Integratif di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, hubungan motivasi kerja dengan pelayanan PAUD Holistik Integraif di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, dan hubungan kompetensi profesional guru PAUD dan motivasi kerja secara bersamasama dengan pelayanan PAUD Holistik Integrasi di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi korelasi. Populasi berjumlah 73 Tahun 8 Nomor 2 November 2021 215 guru PAUD dengan jumlah sampel adalah seluruh jumlah populasi. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Cimarga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan antara variabel Kompetensi Profesional Guru (X1) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y) pada Kecamatan Cimarga dibuktikan dengan hasil perhitungan rx1y = 0,492 dan koefisien determinasi pada tabel koefisien korelasi, terdapat R square adalah 0,242 (adalah pengkuadratan dari koefisien korelasi 0,492 atau 0,4922 ) berarti 24,2% kontribusi variabel Kompetensi Profesional Guru PAUD (X1) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y). (2) Terdapat Hubungan variabel Motivasi Kerja (X2) dengan variabel Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y) dibuktikan dari hasil perhitungan rx2y = 0,085 dan koefisien determinasi pada tabel koefisien korelasi terdapat R square adalah 0,007 berarti 7% kontribusi variabel Motivasi Kerja (X2) dengan Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y). (3) Terdapat hubungan positif dalam tingkatan sedang antara Kompetensi Profesional Guru PAUD dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Pelayanan PAUD Holistik Integratif pada Kecamatan Cimarga. Dibuktikan dari hasil koefisien determinasi diperoleh hasil rx12y 2 = 0,289 (adalah pengkuadratan dari koefisien regresi 0,538 atau 0,5382 ) berarti 28,9% kontribusi variabel Kompetensi Profesional Guru PAUD (X1) dan Motivasi Kerja (X2) secara bersamasama Terhadap Pelayanan PAUD Holistik Integratif (Y).

Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja dan Pelayanan PAUD Holistik Integritas


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2010. Perkembangan dan Konsep dasar Pengembangan Anak Usia Dini.

Jakarta. Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :

Rineka Cipta.

B.Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru dari Pra-Jabatan, Induksi, ke

Profesional Mandiri. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Tahun 8 Nomor 2 November 2021

Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Depdikbud. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

E.Mulyasa. 2011. Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan

Implementasi. Yogyakarta: Gava Media

Kaswan. 2015. Sikap Kerja. Bandung : Alfabeta

Kemdikbud, 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan

PAUD. Jakarta : Dirjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Luluk Hodiqotul,dkk. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang

Selatan : Universitas Terbuka

Mangkunegara, Prabu Anwar.2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung :

Remaja Rosdakarya

M. Nur Rianto, 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Bandung : Alfabetha

Media Fokus. 2002. Undang-Undang Perlindungan Anak. Bandung : Fokus Media

Riduwan. 2004. Metode dan Tehnik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

Rivai, Veitzal. 2005. Performance Appraisal Sisitem yang Tepat Untuk Menilai Kinerja

Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta : PT.Raja Grafindo

Persada.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2015. Perilaku Organisasi (Organizational

Behavior 16th edition). Jakarta: McGraw Hill dan Salemba Empat.

Sinambela, Lijan Poltak dkk. 2010. Refromasi Pelayanan Publik Teori Kebijakan dan

Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara

Soedarmayanti. 2004. Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung : Penerbit Mekar

Maju.

Suciati. 1997. Teori Motivasi dan Penerapannnya dalam Proses Belajar Mengajar.

Jakarta : Dirjen Dikti

Sugiyono. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rieneka Cipta

Suarsih, Tri dkk. 2018. Promosi Kesehatan untuk Pengembangan Anak Usia Dini Secara

Holistik Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Umar, Husen. 2012. Metode Penelitian. Jakarta : Raja Grafind Persada.

Uzer, Usman. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Widodod Eko, Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta : Pustaka Belajar

Wukir. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta

: Multii Persindo

Yusuf, Adie. 2007. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : rajawali Grafindo Persada.

Yutmini,Sri. 2007.. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : FKIP UNS

Selamatkan Kami dari Kekerasan dan Penganiayaan. 2007, Banten : Komisi Perlindungan

Anak Indonesia Daerah Provinsi Banten.

Undang-Undang Republik Indonesia No.14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang Sisdiknas. 2006.

Bandung : Citra Umbara

Undang-Undang Perlindungan Anak No.23 tahun 2002.. Bandung : Fokusmedia

Pengasuhan dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak. 2010. Jakarta : Badan

Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana, masyarakat dan Pemerintah Desa.

Perpres No. 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Farida, Hartati,Tri. 2014. Tesis Peran Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru

Taman Kanak-Kanak (Studi Pada TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul).

Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga

Hikmawati, 2017. Tesis yang berjudul Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini

Holistk Integratif (PAUD HI) di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi

Barat. Jakarta : UNJ

Laksono Budi Rachmat. 2018. Tesis Hubungan Kepemimpinan Partisipatif Kepala

Sekolah dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMA Swasta Korwil 1 Kota

Tangerang. Serang. Unirta.

Mulyanto Sri Agus, 2008. Tesis Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru dan

Konsep Diri Guru dengan Kinerja Guru Keas V Sekolah Dasar Neger di

Kecamatan Grogol. Bekasi. Universitas Sebelas Maret

Nani Suryani, 2018. Hubungan Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional

Guru Terhadap Kinerja Guru TK Negeri di kabupaten Lebak. Serang. Untirta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.