HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DENGAN HASIL BELAJAR DI KELAS X SMAN 2 PANDEGLANG

Risnu Munandar, Sholeh Hidayat, Fadlullah Fadlullah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakang mengenai pembelajaran PAI di kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang terdapat penurunan hasil belajar, faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya faktor kecerdasan spiritual yang berhubungan dengan hasil belajar karena tingkat kesadaran akan ketuhanan akan mempengaruhi kesadaran terhadap peningkatan hasil belajar PAI. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar PAI siswa kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif. Jumlah sampel 68 responden dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal. Analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah: tedapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar PAI siswa kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang , rhitung =- 0,712 > 0,201 artinya signifikan. dengan demikian terdapat hubungan positif kecerdasaan spriritual secara bersamasama dengan hasil belajar pendidikan agama islam pada Kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan tenaga pendidik di lingkungan SMAN 2 Pandeglang untuk berusaha dan berupaya meningkatkan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran sebagai bagian upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X IPA SMAN 2 Pandeglang. Kecerdasan spiritual siswa sebagai upaya untuk mengembangkan diri peserta didik dalam mencapai apa yang diinginkan dengan cara apa yang Tahun 8 Nomor 2 November 2021 251 bisa dilakukan tentunya perlu menjadi perhatian lebih oleh tenaga pendidik atau guru agar siswa memiliki kecerdasan spiritual dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI)


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, 2014, Penilaian Autentik Proses dan hasil Belajar, (Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Abdul Majid. 2012..Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, PT

Remaja Rosdakarya,

Abdul Majid & Dian Andayani, 2004,Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi

Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agustin, Ary Ginanjar. 2003. Rahasa Sukses membangun ESQ Power. Jakarta. Arga

___________. 2001. Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spriritual ESQ,

berdasarkan 6 rukun iman dan 5 rukun islam, Jakarta arga

Buzan, Tony, (2013). Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama

Covey, Stephen. R, “The 8th Habit”, Jakarta : PT. Gramedia, 2005.

Tahun 8 Nomor 2 November 2021

Covey, Stephen R, 1997 . Tujuh Kebiasaan Manusia yang Efektif, (terj.) Budijanto, dari

judul asli The 7 Habits of Highly Effective People. Jakarta : Binarupa Aksara.

Djaali, 2011, Psikologi Pedidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar.2013 Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan

Kurikulum 2013. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan..Malang: UM Press.

Nggermanto, Agus. 2005. Quantum Quotient. Yayasan Niansa Cendikia. Bandung

Nggermanto, Agus. 2015. Melejitkan IQ, EQ, dan SQ Kecerdasan Quantum. Bandung:

Nuansa Cendekia

Kartini, Kartono, & Dali Gulo. 2000. “Kamus Psikologi”. Bandung: Pionir Jaya.

Purwanto, 2013, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sarlito Sarwono. 2009. Pengantar Psikologi Umum (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saiffudin Azwar,2015, Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya . Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Slameto, 2010, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rinneka Cipta.

Yusuf. L.N. Syamsu & Nani M Sugandhi 2011. PErkembangan Peserta Didik. Jakarta:

Raja Grafindo Persada .

Zohar, D. Marshal, Ian. (2007). Kecerdasan Spiritual (SQ) Memanfaatkan Kecerdasan

Spiritual Dalam Berpikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan.

Bandung: Mizan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.