EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN PILIHAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG SELATAN

Wildatun Mukaromah, Sudadio Sudadio, Sholih Sholih

Abstract


Tugas perkembangan karir siswa SMK yang berada pada rentang 15-18 tahun termasuk dalam tahap eksploratory. Menurut Super tahap eksploratoy adalah dimana individu memikirkan berbagai alternatif pilihan karir. Oleh karenanya, siswa perlu memperoleh informasi terkait dunia kerja serta memanfaatkan kesempatan dan sumber informasi yang potensial agar dapat memiliki alternatif karir berdasarkan pilihan keahlian. Aspek eksplorasi karir tentu berkaitan dengan banyaknya informasi karir yang diperoleh individu dari berbagi sumber serta memanfaatkan informasi karir tersebut. Adanya pandemi covid 19 yang saat ini sedang terjadi hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia membuat kegiatan pembelajaran, termasuk pemberian layanan bimbingan dan konseling, menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Salah satu media yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun untuk menyampaikan informasi karir, yaitu media video interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis serta mendeskripsikan efektivitas Tahun 8 Nomor 2 November 2021 281 media video interaktif pada layanan informasi karir. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian Pretest- Posttest. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Adapun kelas yang terpilih menjadi sampel adalah kelas XI Akuntansi 3 dengan jumlah 32 siswa. Analisis data menggunakan uji gain score Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara tertutup, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan kematangan pilihan karir siswa kelas XI Di SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan.

Kata Kunci: Media Video Interaktif, Informasi Karir


Full Text:

PDF

References


Alhadi, Said, Agus Supriyanto, & Devita Ayu. 2016. Media In Guidance And

Counseling Services: A Tool And Innovation For School Counselor. Indonesian

Journal of School Counseling, 1(1), 6-11.

Anwar, Moh Khoerul. 2017. Model Eksplorasi Karir Sebagai Upaya Persiapan Karir

Siswa dalam Menghadapi Asean Global. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 3

No. 1.

Hake, R, R. 1991. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education

Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hasanah, Maulidah. 2014. Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Video

untuk Meningkatkan Pemahaman terhadap Masa Depan Karir Siswa Kelas Xi

SMA Negeri 3 Lamongan. Tersedia di file:///C:/Users/20/Downloads/8593-

-1-PB.pdf, diakses pada 3 Maret 2021.

Mahadewi, D. 2012. Buku Ajar: Media Vedio Pembelajaran (E-Bokk). Singaraja:

Undiksha.

Purwono, Joni., Sri Yutmini., & Sri Anitah. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual

pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama

Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.2, No.2, hal

– 144.

Puspitarini, Yanuari Dwi., Muhammad Akhyar., & Djono. 2019. Development of Video

Media Based on Powtoon in Social Sciences. International Journal of Educational

Research Review , 4(2), 198-205.

Rusman. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan

Komunikasi:Mengembangkan Profesionalitas Guru. Belajar dan Pembelajaran

Berbasis Komputer. Jakarta: Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Sharf, Richard S. 2006. Applying Career Development Theory to Counseling. Canada:

Thomson Wadsworth.

Tarsidi, Didi. 2010. Teori Perkembangan Karir. Artikel. [online], tersedia

dihttp://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/1951060119790

-

DIDI_TARSIDI/Makalah%26Artikel_Tarsidi_PLB/Teori_Perkembangan_Karir.

pdf, diakses pada 3 Maret 2021.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institusi

Pendidikan. Yogyakarta: Media Abad


Refbacks

  • There are currently no refbacks.