Penggunaan media sosial whatsapp dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan

Lindawati Lindawati, Sholeh Hidayat, Cucu Atikah

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan dengan menggunakan media sosial whatsapp. Metode penelitian yang digunakan merupakan kolaborasi, dimana guru bertugas melakukan tindakan dan peneliti melakukan pengamatan terhadap berlangsungnya proses tindakan. Dalam penelitian tindakan kelas terdapat empat tahapa penting yang dilakukan secara berurutan membentuk suatu siklus, yaitu satu putaran kegiatan berurutan yang Kembali ke Langkah semula. Empat tahapan itu antara lain tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sasahan Kecamatan Waringin Kurung tahun ajaran 2020/2021.Teknik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan hasil tes siswa pada kegiatan pembelajaran. Analisis data disajikan secara kuntitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan persentase indikator siswa dalam setiap siklusnya. Kreativitas siswa pada siklus I adalah 40% pada kategori cukup dan belum memenuhi kriteria keberhasilan yang di inginkan, pada siklus II mencapai 88% yaitu kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata kreativitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan 48%. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial whatsapp dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan


Keywords


media sosial whatsapp, kreativitas

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.