PENGARUH PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KELAPA DUA KABUPATEN TANGERANG

Siva Fauzia, Sudadio Sudadio, Suherman Suherman

Abstract


Indonesia telah mengalami penurunan kualitas pendidikan karena berkurangnya keterlibatan masyarakat dengan program pendidikan. Sebagai kepala lembaga pendidikan, kepala sekolah bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan yang selaras dengan visi dan tujuan sekolah, memastikan penyelenggaraan pendidikan yang efisien dan efektif. Penyelesaian masalah seperti kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang menghambat operasional sekolah membutuhkan kerjasama yang erat antara komite sekolah dan kepala sekolah. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk keberhasilan upaya pendidikan yang menumbuhkan pembelajaran. Keterlibatan masyarakat dalam kebijakan sekolah membawa manfaat dalam jangka pendek, menengah, dan panjang bagi semua pemangku kepentingan. Komite berfungsi sebagai mitra sekolah dan memberikan umpan balik yang mewakili pandangan dan keinginan masyarakat tentang manajemen sekolah, program pendidikan, dan kebijakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menjelaskan peran panitia dalam peningkatan mutu pendidikan dasar di Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komite sekolah terhadap mutu pendidikan dasar di Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Keputusan untuk berkonsentrasi pada sekolah dasar negeri di wilayah ini dibuat karena tingkat keterlibatan komite dan kualitas pendidikan yang tidak memadai. Untuk studi ini, pendekatan kuantitatif ex-post facto digunakan, yang melibatkan sampel 74 orang dari populasi 23 sekolah dasar negeri dan 292 guru, dipilih melalui teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hipotesis ditetapkan dan diuji melalui Analisis Regresi dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 22. Berdasarkan hasil temuan, terdapat korelasi yang kuat antara peran komite sekolah dengan mutu pendidikan, dengan koefisien korelasi sebesar 0,664 atau setara dengan 66,4%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v10i1.21409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.