RETRACTED: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Anisa Fitri, N., & Karlimah. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i4.13196
Asmawati, L. (2020). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 216–223.
Astuti, F. K., Cahyono, E., Supartono, S., Van, N. C., & Duong, N. T. (2018). Effectiveness of Elements Periodic Table Interactive Multimedia in Nguyen Tat Thanh High School. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/ijiet.v2i1.951
Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Singapore: Sage Publication.
Dornyei, Z., & Griffee, D. T. (2010). Research Methods in Applied Linguistics. Oxford University Press.
Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. SELING:Jurnal Program Studi PGRA, 2(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v3i1.198
Firdania, M. S., Tursina, & Sastypratiwi, H. (2016). Aplikasi CAI berbasis multimedia untuk pengenalan bagian tubuh manusia pada anak usia dini. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–5.
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744
Ganarsih, A. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 10(3). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v10i3.56350
Hasnidah. (2015). Media Pembelajaran Kreatif (Cetakan II). Jakarta : PT Luxima Metro Media.
Hisniati. (2019). Melalui Pemanfaatan Gambar dan Simbol dapat Meningkatan Kemampuan Membaca Anak di PAUD Terpadu Al-Ijtihad Danger. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2). https://doi.org/10.36088/bintang.v1i2.270
Indria, V. P., Sumarsih, & Agustriana, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman pada Anak Kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 95–100. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.2.95-100
Kustiyowati. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Flash Card Terhadap Pengenalan Pra Membaca Anak Usia 4-6 Tahun di TK Nurya Bil Ilma Jember. Education Journal : Journal Education Research and Development, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.302
Maronta, Y., Sutarto, J., & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–1161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 02(XVIII). https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i2.2913
Rahayu, S. L., & Fujiati, F. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694
Rosmiyati, & Wahyuni, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. PAUD Lectura Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2517
Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344
Sulaiman, R., & Akidah, I. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Flash Card Pada TPA Masjid Baitul Maqdis. Madaniya, 2(3), 242–252. https://doi.org/10.53696/27214834.84
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606
Syafrizal, S. (2021). The effects of using whiteboard animation toward Indonesian students’ vocabulary and grammar mastery. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(2), 783–793. https://doi.org/10.52462/jlls.55
Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933
Widiyanti, D., & Darmiyanti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Flash Card. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 16–29. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i2.265
Zulfa, E. R., & Djamali, F. (2018). Pengaruh Permainan Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Usia 4-6 Tahun di RA Ar-Ridlwan Ajung Jember Tahun Ajaran 2015/2016. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2), 136–144.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v10i2.22977
Refbacks
- There are currently no refbacks.