Pengembangan Alat Ukur Sikap Prokrastinasi Akademik untuk Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Siswa sekolah menengah atas sering mengalami masalah prokrastinasiakademik yaitu sikap menunda-nunda mengerjakan tugas, sikap ini secara tidaklangsung dapat memengaruhi kesehatan mental dan prestasi akademik seseorang. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk membuat instrumen yang dapat digunakan sebagai alat ukurtingkat prokrastinasi akademik siswa. Dalam penelitian ini, dilakukan emapat pengujian.Pertama, validitas isi diuji menggunakan Aiken; kedua, reliabilitas isi diuji dengan koefisienkorelasi intrakelas (ICC); ketiga, validitas instrumen diuji dengan rumus produk moment; danyang terakhir, reliabilitas instrumen diuji dengan alpha Cronbach. Dari 60 item yang diuji, 24memiliki validitas sedang, dan 36 lainnya memiliki koefisien validitas hingga 1.000, artinya adakesepakatan yang kuat di antara para penilai, menurut nilai analisis ICC 0,837 ini menunjukanada reliabilitas yang tinggi dengan konsistensi yang sangat baik . Menurut uji validitasinstrumen, 46 pernyataan valid dari total 60 item. Selain itu, uji reliabilitas menggunakan alphaCronbach menghasilkan nilai 0,942, yang menunjukkan bahwa instrumen ini memiliki tingkatreliabilitas atau keajegan yang sangat tinggi. Penelitian ini menemukan bahwa alat untukmengukur prokrastinasi akademik valid dan dapat diandalkan untuk menentukan seberapabanyak prokrastinasi yang dimiliki siswa sekolah menengah atas. Diharapkan instrumen iniakan membantu guru dan pendidik membuat solusi yang lebih baik untuk masalah prokrastinasidi lingkungan pendidikan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i2.33972
Refbacks
- There are currently no refbacks.