Kebugaran Jasmani SMA

Indrawati Indrawati, Cucu Atikah, Lukmanul Hakim

Abstract


Kebugaran jasmani memiliki peran penting dalam mendukung prestasi akademik siswa, namun implementasinya di sekolah menengah atas (SMA) masih menghadapi berbagai tantangan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara kebugaran jasmani dan prestasi akademik serta menemukan kendala dalam pelaksanaan program pendidikan jasmani di sekolah menengah atas. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen dari sejumlah sekolah yang terletak di wilayah perkotaan dan pedesaan. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara tingkat kebugaran siswa dan prestasi akademik mereka; peningkatan fungsi kognitif yang dihasilkan oleh aktivitas fisik mendukung korelasi ini. Namun, program kebugaran menghadapi tantangan seperti fasilitas yang tidak memadai, metode pembelajaran yang tidak berbeda, dan perbedaan antar-sekolah. Selain itu, ditemukan bahwa dukungan komunitas dan peran guru sangat penting untuk keberhasilan program kebugaran jasmani. Singkatnya, pendidikan jasmani yang lebih baik dapat mempengaruhi kualitas akademik dan karakter siswa selain kualitas fisik mereka. Rekomendasi termasuk kolaborasi dengan komunitas, pelatihan guru, dan kurikulum yang lebih relevan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai efek kebugaran jasmani dalam jangka panjang dan mengeksplorasi penggunaan teknologi dalam program kebugaran sekolah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i2.33978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.