Korelasi Partisipasi dalam Komunitas Belajar dengan Kompetensi Pedagogik Guru SMA di kota Cilegon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi guru dalam komunitas belajar dengan kompetensi pedagogik guru SMA di Kota Cilegon. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan penting bagi guru dalam mengelola pembelajaran yang efektif dan bermakna, sementara komunitas belajar diyakini sebagai strategi pengembangan profesional yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel berjumlah 72 guru SMA yang dipilih secara purposive. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, linearitas, dan korelasi menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara komunitas belajar (X1) dan kompetensi pedagogik (Y) dengan nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,755 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara komunitas belajar dengan kompetensi pedagogik guru SMA di kota Cilegon
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i2.33979
Refbacks
- There are currently no refbacks.