Instrumen Penilaian Pendidikan Agama Islam

Wawan Hendrawan, Rudi Haryadi, Cucu Atikah

Abstract


Alat penilaian yang efektif sangat penting untuk menilai kompetensi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Soal-soal yang dibuat untuk menilai pemahaman siswa kelas 10-1 SMAN 29 Kabupaten Tangerang adalah valid dan dapat diandalkan. Dalam penelitian ini, dua ahli seorang guru bahasa Indonesia dan seorang guru PAI dilibatkan untuk mengevaluasi hubungan antara bagian soal dan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Sebanyak lima puluh soal pilihan ganda diuji dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) untuk mengevaluasi validitas isi dan Cronbach's Alpha untuk mengevaluasi reliabilitas. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa sebagian besar soal memiliki CVR = 1, yang menunjukkan bahwa mereka memiliki relevansi yang baik. Namun, beberapa soal memerlukan penyesuaian untuk meningkatkan kesesuaiannya. Reliabilitasnya sangat baik, dengan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,85. Pentingnya penyederhanaan bahasa dan berbagai jenis soal, yang mencakup evaluasi aspek afektif dan psikomotorik, didasarkan pada komentar ahli. Diharapkan bahwa alat ini dapat digunakan secara luas untuk menilai kemampuan siswa secara menyeluruh, dan juga dapat disesuaikan dengan konteks budaya dan lokal siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i2.33982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.