Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Putri Raudhah Herros

Abstract


Pendidikan adalah proses yang dirancang secara sistematis untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh, termasuk aspek spiritual, kepribadian, kecerdasan, moral, dan keterampilan. Kepala sekolah memegang peranan penting dalam menerapkan kebijakan pendidikan serta memimpin upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui supervisi, pembinaan profesional, motivasi, dan pengelolaan kinerja guru. Faktor internal dan eksternal memengaruhi kinerja guru, sehingga kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah sangat krusial untuk mencapai tujuan pendidikan. Melalui supervisi dan kebijakan yang tepat, kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru serta menciptakan suasana belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka untuk mengkaji peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Temuan menunjukkan bahwa kolaborasi antara kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru merupakan faktor utama dalam mencapai mutu pendidikan yang unggul dan menghasilkan lulusan berkualitas.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v12i1.33989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.