Strategi Penguatan Identitas Budaya melalui Pendidikan: Tinjauan Sistematis Studi Empiris di Indonesia

Anang Syukron, Odien Rosidin

Abstract


Pendidikan memiliki peran strategis dalam memperkuat identitas budaya, khususnya di negara multikultural seperti Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis berbagai studi empiris yang membahas strategi penguatan identitas budaya melalui pendidikan di Indonesia. Melalui pendekatan Systematic Literature Review berbasis protokol PRISMA, sebanyak 29 artikel terpilih dari basis data Scopus dianalisis secara tematik. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi umum yang digunakan mencakup integrasi nilai budaya dalam kurikulum, pelibatan komunitas lokal, penggunaan media tradisional, dan pelatihan guru berbasis budaya. Pendekatan-pendekatan ini terbukti meningkatkan kesadaran identitas dan rasa memiliki peserta didik terhadap budaya lokal. Namun demikian, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru, kesenjangan antara kebijakan dan praktik, serta pengaruh globalisasi masih menjadi hambatan implementasi. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kebijakan pendidikan berbasis budaya dan penelitian lanjutan mengenai efektivitas pendekatanpendekatan tersebut secara kontekstual dan longitudinal.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v12i1.34468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.